IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA MATERI HIDROKARBON

Authors

  • I Nyoman Tri Anindia Putra STMIK STIKOM Indonesia
  • Ketut Sepdyana Kartini STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Nyoman Widiyaningsih STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536

Keywords:

Hydrocarbons, Interactive Learning Media, Mobile-Based

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam belajar, sehingga membuat siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi hidrokarbon. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode SDLC (system develop life cycle). Media dibuat menggunakan software Adobe Animate CC dan CorelDraw X5. Metode yang digunakan adalah SDLC (System Develop Life Cycle). Pengujian kelayakan media menggunakan skenario blackbox testing dan analisis menggunakan teknik skala Linkert. Dari hasi pengujian didapatkan bahwa presentase blackbox testing  sebesar 100% dan uji kebutuhan fungsional oleh ahli materi didapat presentase 80% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dijelaskan bahwa media pembelajaran ini sangat baik dan  telah layak diimplementasikan.

ABSTRACT

The low student learning outcomes are due to the lack of learning media that can facilitate students in learning. Thus, it makes a difficulty for students to understand the subject matter. This study aimed to design and build interactive learning media based on android, and hydrocarbon material. This study was a descriptive study with a qualitative approach. This study used the SDLC (system develop life cycle) method. The media was created using Adobe Animate CC and CorelDraw X5 software. The method used was SDLC (System Develop Life Cycle). Testing the feasibility of the media using Blackbox testing scenarios and analysis using the Linkert scale technique. From the test results, it was found that the percentage of Blackbox testing was 100% and the functional requirements test by material experts obtained a percentage of 80% with good categories. Based on the results of this study, it can be explained that this learning media is very good and has been feasible to implement.

References

Agung, Guna, & Pudjawan. (2019). Game Education Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Paket. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 2019. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21669.

Agusta, E. (2018). Feasibility Study Of The Development Of Scientific-Based Self-Regulated Learning Model Oriented Interactive Flash. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 151–160. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/17926/pdf.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta.

Bakhtiar, F. A. (2018). Pengembangan Aplikasi Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(1), 16. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i1.9363

Bardi, & Jailani. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi, 2(1), 49–63. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5203

Calimag, Mugel, Conde, & Aquino. (n.d.). Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2(2), 119–128.

Dony, Novrian, D. (2018). Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Kartu. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.226

Fathoni, Utomo, Hangga, & Pamungkas. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Android di TPQ Al-Falah Semarang. Edu Komputika Journal, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukomputika.v5i2.27165.

Haviluddin. (2010). Active Learning berbasis Teknologi Informasi (ICT). Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jim.v5i3.64.

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1803

Khamparia, A., & Pandey, B. (2017). Impact of interactive multimedia in E-learning technologies: Role of multimedia in E-learning. Enhancing Academic Research With Knowledge Management Principles, (April), 199–227. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2489-2.ch007

Kustandi, Cecep, B. S. (2016). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lisiswanti, Saputra, & Windarti. (2016). Peranan Media Dalam Pembelajaran. 102–105.

Lubis, & Ikhsan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504.

Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Muyaroah, & Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology., 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.

Nazalin, & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221–236. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359

Nida, Parmiti, & Sukmana. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846

Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103

Pangaribuan, & Saragih. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Seni Lukis I Jurusan Seni Rupa. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1871

Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Di Sdn 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194

Risabethe, & Astuti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498.

Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sitompul, Setiawan, & Purba. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan Tpack. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 141–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761

Sudarma, & Dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surjono, J. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Teks Recount Di Mtsn II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 1–13.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA MATERI HIDROKARBON. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)