Pengayaan Materi dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Matematika bagi Siswa Berbakat SD N 3 Sambangan.

Authors

  • I Putu Pasek Suryawan Jurusan Pendidikan Matematika-FMIPA Undiksha
  • I Nyoman Gita Universitas Pendidikan Ganesha
  • IGN Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v6i2.10704

Abstract

Materi olimpiade matematika SD pada dasarnya bersumber pada kurikulum mata pelajaran matematika yang mengujikan soal-soal non rutin dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk ukuran siswa SD, dan bahkan soal-soal demikian cukup merepotkan siswa yang berbakat dalam mata pelajaran matematika. Faktor penyebabnya adalah lemahnya penguasaan materi olimpiade oleh siswa sehingga mereka belum sampai pada tahap memikirkan bagaimana strategi dalam penyelesaian soal-soal bertaraf olimpiade tersebut. Adapun tujuan program pengabdian ini, yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa berbakat SD N 3 Sambangan dalam menyelesaikan soal-soal bertaraf olimpiade, sehingga partisipasi dan prestasi siswa SD N 3 Sambangan dalam ajang olimpiade matematika SD meningkat.  Program pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pengayaan materi olimpiade dan pelatihan penyelesaian soal-soal olimpiade yang dapat mengembangkan berpikir tingkat tinggi siswa. Secara keseluruhan kegiatan telah berlangsung dengan baik dan berhasil meningkatkan kemampuan siswa berbakat SD N 3 Sambangan dalam menyelesaiakan soal-soal olimpiade matematika. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase kehadiran peserta sebesar 93,75% dan seluruhnya secara penuh mengikuti pelatihan. Peningkatan persentase penguasaan materi pelatihan adalah dari 28,75% menjadi 66,25%. Peserta juga menanggapi positif terhadap pelaksanaan kegiatan ini dengan persentase skornya sebesar 80%.

 

Kata-kata kunci: materi olimpiade matematika, siswa berbakat, pengayaan, pelatihan.

Author Biography

I Putu Pasek Suryawan, Jurusan Pendidikan Matematika-FMIPA Undiksha

Dosen Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Undiksha, dengan pangkat/gol: Penata Muda Tk I/IIIb

References

Ahmad Muchlis. 2006. Buku Referensi Maju dengan Olimpiade Matematika untuk SD. Jakarta: Karya Duta Wahana.

Bambang Susianto. 2004. Olimpiade Matematika dengan Proses Berpikir Aljabar dan Bilangan. Jakarta: Grasindo.

Depdiknas. Direktorat TK/SD. 2004. Olimpiade Matematika dan IPA SD Tingkat Nasional dan Asean. Jakarta: Direktorat TK dan SD.

Depdiknas. Direktorat TK/SD. 2005. Soal Olimpiade Matematika SD Tingkat Nasional 2005. Jakarta: Direktorat TK dan SD.

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Forum Kependidikan. Vol 28 No 2 Hal 136-142.

Mahmudi, A. 2010. “Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis”. Makalah. Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA. Modern English Press.

Mursidik, E. M. dkk. 2014. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal LPPM IKIP PGRI Madiun. Vol 2 No 1 Hal 7-13.

Nikenasih Binatari. 2007. Super Geneus Olimpiade Matematika SD. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Polya, G. 1973. How To Solve It (2nd Ed). Princeton: Princeton University Pres.

Puja Astawa, I W. 2003. Laporan Pakar Pendidikan Bidang Matematika Propinsi Bali dalam Rangka OSN 2003. (tidak diterbitkan). Subdin Dikdas Disdik Bali.

Puja Astawa, I W. 2007. Model Pembinaan Olimpiade Matematika Sekolah Dasar di Propinsi Bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha No 2. Hal 270-286.

Purwanto, N. M. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Suarsana, I M. 2017. Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Pecahan Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Kubu. Jurnal Widya Laksana Undiksha. Vol 6 No 1 Hal 52-61.

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2017-08-31

Issue

Section

Articles