PENDAMPINGAN KELOMPOK PETERNAK UDANG GALAH DI DESA BEDULU BLAHBATUH GIANYAR

Authors

  • kadek dwipayani lestari Dhyana Pura University
  • Kadek Dwipayani Lestari Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v7i2.11863

Abstract

Prospek pengembangan  budidaya udang galah diperkirakan lebih baik dari pada ikan konsumsi dan jenis udang lainnya. Peluang inilah yang dilihat oleh Bapak I Wayan Gunawan dan Bapak Putu Agus Ciptayasa peternak tambak udang galah di Banjar Margasengkala, Desa Bedulu, Blahbatuh Gianyar Bali. Daerah Banjar margasengkala Desa Bedulu, banyak lahan sawah yang sudah tidak produktif, maka bendesa adat setempat berinisiatif untuk membuat kelompok ternak udang galah. Ternak udang galah mulai dimulai sejak tahun 2010 hingga sekarang, dan kelompok ini aktif mensuplai udang galah kepada tengkulak, yang akan dipasarkan di restoran – restoran di wilayah Gianyar (Gianyar kota, ubud, tegalalang dan lainnya). Kelompok udang galah ini pun semakin menjamur di wilayah ini, banyak yang mengikuti untuk menjadi peternak udang yang sekarang menjadi 2 kelompok yang diketuai oleh Bapak I Wayan Gunawan dan Bapak Putu Agus Ciptayasa .Kendala utama yang dihadapi oleh peternak udang galah di Banjar Margasengkala yaitu bibit udang yang tidak membesar sesuai dengan ukuran penjualan sebelumnya yaitu hingga mencapai 40 gram. Pengetahuan tentang budidaya udang galah masih minim dan kesediaan alat untuk membantu kegiatan operasional pun masih kurang. Solusi dari hasil diskusi dengan kelompok mitra dan tim IbM yaitu pendampingan teknik budidaya pembesaran udang galah yang tepat dari segi syarat kolam dan kualitas air dan tanah, pemilihan bibit udang yang tepat. Kedua,pendampingan transfer ilmu mengenai pemilihan pakan udang galah yang tepat dan pakan alami alternatif serta vitamin.

 

Author Biography

Kadek Dwipayani Lestari, Universitas Dhyana Pura

Program Studi Biologi

References

Beksi A. 2013. Pakan Pada Pemeliharaan Larva Udang Galah. (internet). Diunduh 2017 Agustus 18). Tersedia pada: http://andalbeksi.blogspot.co.id/2013/10/manajemen-pakan-pada-pemeliharaan larva.html

Khairuman dan Khairul A. 2003. Budidaya Udang Galah Secara Intensif. AgroMedia. Jakarta.

Marlina A. 2004. Pemeliharan Induk Udang Galah. Balai Budidaya Air Tawar. Sukabumi.

Usman. 2002. Pembenihan Udang Galah Secara Intensif. Unit Pengembangan Udang Galah. Pamarican.Cascio, W.F. 1998. Managing Human Resources – Productivity Quality of Work Life, Profits. Edisi ke-5. McGraw Hill, AmerikaSerikat.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles