OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN SMART SCHOOL

I Ketut Resika Arthana, Gede Rasben Dantes, Nyoman Dantes

Abstract


Tujuan dari Iptek Bagi Masyarakat (IBM) ini adalah untuk menerapkan teknologi Smart School dan memberikan pelatihan serta pendampingan kepada guru-guru di SMA Negeri 1 Kuta dan SMA Negeri 4 Singaraja. Manfaat penerapan Smart School adalah bisa mempermudah manajemen sekolah dan guru untuk melakukan kegiatan terkait akademik dan kemahasiswaan. Smart School yang diterapkan dalam pengabdian ini berupa hasil penelitian yang terdiri dari Sistem Informasi Akademik (SIAK) Sekolah, Sistem Informasi Inventarisasi Sekolah, Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah, Elearning dan Sistem Computerized Based Testing (CBT). IBM ini menjawab permasalahan guru-guru yang disibukkan dengan penyusunan laporan akademik dan kemahasiswaan sehingga menganggu fokus dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Dengan diterapkan sistem Smart School ini dan dipahami cara pemanfaatannya, diharapkan bisa mempermudah guru dalam melakukan kegiatannya serta mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Sasaran dari program IBM ini adalah SMA Negeri 1 Kuta dan SMA Negeri 4 Singaraja, hal ini berdasarkan kesiapan teknologi dan keinginan pihak sekolah untuk menerapkan Smart School ini. Sekolah-sekolah ini diharapkan menjadi role model bagi sekolah lainnya dalam menerapkan Smart School.  Tahapan IBM ini terdiri dari Persiapan, Pelaksanaan, Pendampingan dan Evaluasi. Hasil dari IBM ini berupa terimplementasinya Smartschool di SMA Negeri 1 Kuta dan SMA Negeri 4 Singaraja.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v7i1.11885

Article Metrics

Abstract view : 2658 times
PDF file view : 2403 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Logo Undiksha

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha

 


Creative Commons License

Widya Laksana is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.