Peningkatan Dan Pengembangan Pengajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru-Guru Di SMK Pariwisata Margarana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v7i1.12564Abstract
Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang besar pada berbagai bidang kehidupan manusia seperti pada bidang industri, kesehatan, pemerintahan dan bidang-bidang lainnya. Khususnya pada bidang pendidikan penggunaan teknologi masih belum dapat di manfaatkan secara optimal pada pendidikan menengah yang letaknya di pinggiran kota. Seperti halnya SMK Pariwisata Margarana proses pendidikan yang masih dilakukan secara konvensional dengan maraknya perkembangan teknologi saat ini. Hal ini mendorong program kemitraan masyarakat (PKM) Universitas Dhyana Pura melaksanakan program pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis teknologi bagi para guru di SMK Pariwisata Margarana. Tujuan pelaksanaan program adalah peningkatan pemahaman pembuatan materi ajar berbasis teknologi serta pengembangan pemahaman konsep manajemen perhotelan. Program PKM dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan bagi peserta. Secara menyeluruh kegiatan program ini terlaksana dengan baik dan mampu meningkatkan pengetahuan guru SMK Pariwisata Margarana. Kondisi ini ditunjukkan dengan persentase kehadiran guru sebesar 81% selama program ini dilaksanakan dan peningkatan kemampuan sebesar 80%.Downloads
Published
2018-01-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)