PELATIHAN MENULIS SOAL BAHASA INGGRIS BERBASIS TEKS BAGI GURU BAHASA INGGRIS SMP KOTAMADYA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Ari Nurweni University of Lampung
  • Mahpul Mahpul University of Lampung
  • Feni Munifatullah University of Lampung
  • Gede Eka Putrawan University of Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v7i2.12877

Abstract

Dalam pembelajaran, guru memiliki tugas untuk merancang pembelajaran pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Untuk dapat melakukan tugas tersebut guru harus memiliki kompetensi yang berkaitan hal-hal tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  bertujuan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru Bahasa Inggris SMP dalam menulis butir soal yang berbasis teks Inggris dari segi bahasa dan meningkatkan kemampuan guru Bahasa Inggris SMP dalam menulis butir soal yang berbasis teks Inggris yang memenuhi construct validity. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian yang berupa pelatihan penulisan soal Bahasa Inggris berbasis teks ini meliputi: (1) ceramah yang diikuti dengan diskusi antara instruktur dengan peserta, dan peserta dengan peserta; (2) pemberian contoh dan analisis; (3) praktik membuat soal tes berbasis teks secara kelompok; (4) pemberian umpan balik dan diskusi  hasil praktik membuat soal tes berbasis teks; dan (5) pemberian tugas membuat soal tes berbasis teks secara individu. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini telah mencapai sasaran yaitu dapat memberi pengetahuan dan wawasan kepada para guru peserta pelatihan tentang assessment planning, assessment of reading, assessment of listening, assessment of speaking, dan assessment of writing yang dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Para peserta pelatihan antusias dalam mengikuti setiap pemaparan materi yang diberikan oleh narasumber. Berdasarkan hasil interview dengan para peserta pelatihan terlihat bahwa pemahaman mereka tentang materi pelatihan juga meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa para guru peserta pelatihan ini merasakan manfaat yang besar setelah mengikuti pelatihan ini.

 

Kata kunci: butir soal, teks, guru Bahasa Inggris, assessment


In teaching learning process, it is a must for teachers to design, implement, and evaluate the process. To be able to perform the responsibility, they are required to have a competence related to the matters. This community service was aimed at improving the ability of English teachers of junior high school in writing text-based question items correctly and appropriately in terms of linguistics and construct validity. It was conducted through (1) lecture and discussion; (2) example of analysis; (3) practice of making text-based test questions; (4) feedback; (5) task of constructing text-based test questions. It could be concluded that the aims of this activity were successfully achieved in terms of insight and knowledge transfers to the participants on assessment planning, assessment of reading, assessment of listening, assessment of speaking, and assessment of writing which could be seen from the results of their pre-test and post-test. The participants were enthusiastic in following each part of this activity. Based on the interviews with the participants, they stated that their understanding also increased. Thus, it can be concluded that the teacher participants obtained great benefits after attending this activity.

 

Keywords: question items, text, English teachers, assessment

Author Biographies

Ari Nurweni, University of Lampung

Department of Language and Arts Education

Mahpul Mahpul, University of Lampung

Department of Language and Arts Education

Feni Munifatullah, University of Lampung

Department of Language and Arts Education

Gede Eka Putrawan, University of Lampung

Department of Language and Arts Education

References

Derewianka, B. 1991. Exploring How Texts Work. Australia: Primary English Teaching Association.

Gronlund, Norman E., and Waugh C. Keith. 2009. Assessment of Student Achievement. Ninth Edition. New Jersey: Pearsons Education, Inc.

Nuttall, C. 1982. Teaching Reading Skills in a Foreign Languages. Oxford: Heinemann International, a division of Heinemann Publishers’ (Oxford) Ltd.

Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles