TUNE-UP MOTORCYCLE: SMALL ENGINE REPAIR SERVICE DI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN-UNTIRTA

Authors

  • Muhammad Nurtanto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v8i1.13962

Abstract

Pendidikan Teknik Mesin-Untirta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai perwujudan kompetensi yang diperoleh pada mata kuliah Teknik Sepeda Motor dan Motor Kecil. Kompetensi ini membekali peserta didik agar mampu melaksanakan servis pada small engine atau kendaraan roda dua. Sebagai bentuk integrasi pengabdian, sejumlah mahasiswa dalam pengawasan dosen menyelenggarakan kegiatan tune-up motorcycle 4th. Sebanyak 45 kendaraan dalam waktu 2 hari berhasil diselesaikan. Tujuan pengabdian yaitu memberikan layanan jasa kepada masyarakat dan meningkatkan ketrampilan bagi mahasiswa. Metode pelaksanaan terdiri dari analisis situasi, jasa pelayanan (sikap, sistem, prosedur dan metode kerja, pengorganisasian tugas dan layanan), dan evaluasi kegiatan dan hasil. Hasil layanan tune-up motorcycle yaitu: (1) pelaksanaan pengabdian sesuai prosedur dengan kategori meningkat, (2) kesadaran masyarakat meningkat terutama pada tindakan awal berupa pemeriksaan tekanan ban, nyala lampu, dan fungsi rem, (3) pemahaman edukasi sebelum tindakan 22% melakukan perawatan dengan adanya edukasi 56% memahami; dan (4) pada pekerjaan tune-up total, sistem kemudi, rem dan penggantian oli memerlukan pengauatan khusus pada pengabdian selanjutnya. Pengabdian terintegrasi pendidikan merupakan bentuk perpaduan tridharma yang dapat diterapkan pada kegiatan lainnya.

References

Moenir, HAS. (1995). Manajemen pel ayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwani, ari. 2005. Studi Pengaruh Umur Mesin, Jarak Tempuh dan Perawatan Kendaraan Bermotor Roda Empat Berbahan Bakar Bensin Terhadap Konsentrasi CO. Teknik Lingkungan Undip : Semarang.

Rindani, Syifa. 2011. Analisis Pengaruh Umur Mesin dan Periode Servis Terhadap Konsentrasi Karbonmonoksida (CO) (Studi Kasus : Motor Matic Honda Vario). Teknik Lingkungan Undip : Semarang.

https://nasional.tempo.co/read/1033993/angka-kecelakaan-lalu-lintas-indonesia-termasuk-tinggi-di-asean

Downloads

Published

2019-01-31

Issue

Section

Articles