ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI WAHANA PEMBANGUNAN KOMPETENSI DAN SKILL GURU BIOLOGI SE-KABUPATEN KUBU RAYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v8i1.14694Abstract
Kebutuhan guru untuk menulis karya ilmiah dalam kaitannya dengan kenaikan jabatan fungsional, membuat guru memerlukan suatu pelatihan dalam rangka pembuatan artikel ilmiah tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah pemberian pelatihan kepada guru biologi dalam wadah MGMP biologi SMA kabupaten Kubu Raya agar dapat mempublikasikan hasil penelitiannya ke jurnal ilmiah. Pelatihan ini telah diberikan kepada 18 orang guru biologi SMA Kabupaten Kubu Raya. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan cara mencari jurnal yang sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan guru, menentukan kualitas jurnal, proses review artikel, dan penerbitan artikel. Simulasi juga telah dilakukan agar guru dapat mengupload dan mempublikasikan hasil penelitian.ilmiah ke jurnal.
References
Acest A, Ramadhani SP. 2018. Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru sekolah dasar desa sagaranten kecamatan ciwaru kabupaten kuningan. JPM-IKP 1(1) : 6-11.
Anggraeni SW, Alpian Y, Haerudin H. 2018. Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru sekolah dasar se kecamatan banyusari kabupaten karawang. JPM-IKP 1(1) : 39-49.
Hafiar DH, Subekti T, Fatma D. 2015. Peningkatan pendidikan dan pengembangan kompetensi guru SMA N 1 Katapang melalui partisipasi dalam publikasi akademis di media massa. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 4(2) : 88-92.
KepMenNegPan No 84 Tahun 1993
Permennegpan dan RB No 16 tahun 2000
Rooijakkers AD. 1991. Mengajar dengan sukses. Jakarta: Grasindo.
Setiawan B, Widodo W, Astriani D. 2017. Pendampingan pembuatan artikel PTK bagi guru IPA Kota Probolinggo. Jurnal ABDI. 2(2): 18-22.
Suyanto.1997. Pedoman pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK), bagian satu. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikdbud Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)