PENERAPAN SISTEM GARSUPATI DALAM BENTUK PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BAGI GURU SMA NEGERI 1 SERIRIT DAN SMP NEGERI 1 SERIRIT

Authors

  • I Ketut Resika Arthana Pendidikan Teknik Informatika - Universitas Pendidikan Ganesha http://orcid.org/0000-0001-5574-0784
  • Luh Ayu Tirtayani
  • Kadek Eva Krishna Adnyani
  • I Nyoman Laba Jayanta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v8i1.15526

Abstract

Kemampuan guru-guru dalam mengembangkan media ajar inovatif dan interaktif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. SMA dan SMP N 1 Seririt merupakan sekolah yang memiliki kesiapan teknologi yang tinggi seperti komputer dan internet untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif. Namun berdasarkan analisis situasi yang dilakukan, guru-guru di SMA dan SMP N 1 Seririt jarang mendapatkan pelatihan mengembangkan media ajar yang inovatif dan interaktif. Sejalan dengan itu, pada penelitian sebelumnya, peneliti mengembangkan sistem Garsupati (Garda Sumber Pembelajaran Terbuka Indonesia) sebagai portal berbagi sumber ajar yang bisa dimanfaatkan untuk mencari dan menyumbangkan media ajar. Berdasarkan kondisi tersebut, maka tim pengabdi  melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa “PENERAPAN SISTEM GARSUPATI DALAM BENTUK PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BAGI GURU SMA NEGERI 1 SERIRIT DAN SMP NEGERI 1 SERIRIT”. P2M ini dilaksanakan pada tanggal 19-28 Juli 2018 di Lab Komputer SMA dan SMP Negeri 1 Seririt dan dihadiri oleh 90 orang guru. Dalam kegiatan P2M ini, guru-guru diperkenalkan dengan media ajar inovatif dan interaktif serta dilatih membuat media ajar menggunakan videografis dan video editing. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 100% peserta setuju bahwa P2M ini sangat bermanfaat, hal ini sejalan dengan 86% responden menyatakan materi yang disampaikan sangat sesuai dan 14% responden menyatakan cukup sesuai dengan kebutuhan aktifitas belajar mengajar. Selain itu, 86% menyatakan sangat puas terhadap proses pelaksanaan P2M, 14% lainnya menyatakan cukup puas. Setelah P2M ini selesai, 81% responden menyatakan bahwa akan melanjutkan mengembangkan media ajar dan 19% lainnya menyatakan mungkin akan mengembangkan media ajar. Peserta juga memberikan saran materi pelatihan yang dibutuhkan lagi untuk mengembangkan media ajar inovatif

Author Biography

I Ketut Resika Arthana, Pendidikan Teknik Informatika - Universitas Pendidikan Ganesha

Scopus H-Index = 1
Google Scholar H-Index = 3
https://scholar.google.co.id/citations?user=dU8YptkAAAAJ

References

Aji, R. F., Resika Arthana, I. K., Yaniar, H., & Hasibuan, Z. A. (2011). Architecture Multichannel-Access of Information Retrieval System Case Study: Indonesian E-Cultural Heritage and Natural History Portal. International Conference ICCEA’11. China.

Hasugian, J. (2006). Penggunaan Bahasa Alamiah dan Kosa Kata Terkendali dalam Sistem. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi,, 72-80.

Joni Erawati Dewi, L. (2012). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Inggris Di Undiksha. Jurnal Teknologi Pembelajaran - Pascasarjana - UNDIKSHA.

Kurniawan, H., Aji, R. F., & Hasibuan, Z. A. (2006). Information Resource Sharing Based On Multi-Platform Library Systems in Indonesian Higher Education Institutions Network. International Conference on Educational Technology (ICET) .

Kusumawardani, D. (2013). Temu Kembali Informasi dengan keyword (Studi deskriptif tentang sistem temu kembali informasi dengan controlled vocabulary pada field judul, subyek, dan pengarang di Perpustakaan Universitas Airlangga). Jurnal UNAIR Vol. 2 No. 1 .

Moehammad Arief Furqon, & Dana Indra Sensuse. (2012). PENGEMBANGAN SISTEM PENCARI PAKAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE ASSOCIATION RULES. Volume 8, Issue 1, Journal of Information Systems, .

Nurhidayat, A. (2012). Ekstraksi topik utama harian dari portal berita Indonesia online. Depok: Perpustakaan Universitas Indonesia.

Resika Arthana, I., & Rasben Dantes, G. (2013). Integrasi Sistem Pendeteksi Plagiarisme dengan Portal Penyedia Konten Ilmiah. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SENAIK). Kalimantan Timur: Univesitas Mulawarwan.

Suarsana, I. (2013). PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Indonesia - UNDIKSHA .

UNESCO. (2012, June). Open Educational Resources. Retrieved March 2015, from United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization: http://www.unesco.org/new/en/communication-and-information/access-to-knowledge/open-educational-resources/

Wikipedia. (2012, April 18). File:ADDIE Model of Design.jpg. Retrieved from Wikipedia The Free Encyclopedia : http://en.wikipedia.org/wiki/File:ADDIE_Model_of_Design.jpg

Downloads

Published

2019-01-31

Issue

Section

Articles