PELATIHAN MIKROKOMPUTER (RASPBERRY PI) BAGI GURU DAN SISWA TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 SERIRIT

Authors

  • Ketut Udy Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v8i1.15542

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang teknologi terbaru saat ini dalam bidang mikrokomputer, serta ditambah lagi dengan kondisi laboratorium komputer yang masih menggunakan komputer desktop dan banyak dalam kondisi mati sehingga hal ini menjadi dasar tim pengabdi untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian dalam bentuk memberikan pelatihan mikrokomputer Raspberry Pi (Raspi) sebagai upaya untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada guru dan siswa program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 2 Seririt. Metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah metode dalam bentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, demontrasi, tanya jawab, dan praktik langsung konfigurasi Raspi dan peripheral pendukungnya serta pemrograman. Pada akhir kegiatan diadakan evaluasi akhir. Evaluasi ini diukur berdasarkan aktivitas peserta selama pelatihan berlangsung. Keberhasilan dapat dilihat dari kehadiran dan aktivitas peserta selama kegiatan baik bertanya, menjawab pertanyaan, dan berdiskusi. Kegiatan pengabdian ini dikatakan berhasil jika minimal 85% sasaran hadir, dan minimal 85% peserta yang hadir mengikuti kegiatan secara penuh.

References

Fadly Syah Putra, M., Purnamawati, S., & Hizriadi, A. (2017). Pelatihan rancang bangun peralatan elektronik menggunakan raspberry pi untuk siswa. Abdimas Talenta, 2(1), 37–40. Retrieved from http://jurnal.usu.ac.id/abdimas.

Triwidyastuti, Y., Musayyanah, & Pratikno, H. (2017). Pembekalan Raspberry Pi bagi Guru dan Siswa Terpilih di SMK Kartika 1 Surabaya. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, V.

Udy Ariawan, K., & Sutaya, I. W. (2017). Pengembangan Papan Pengumuman Digital menggunakan XIBO dan Raspberry Pi (Studi Kasus: Jurusan Teknik Elektro).

Wisnu Adi Putra, K., Resika Arthana, I. K., & Saindra Santyadiputra, G. (2015). Pengembangan Media Edukasi Sistem Operasi Jaringan Untuk Kelas XI TKJ Studi Kasus di SMK Negeri 2 Seririt Berbasis Android. Karmapati, 4.

Downloads

Published

2019-01-31

Issue

Section

Articles