Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru-Guru SD Gugus II Kecamatan Kubu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.18023Abstract
Pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD merupakan kebutuhan mengingat sifat matematika yang abstrak dan usia siswa SD yang masih berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkrit. Namun faktanya pembelajaran matematika di SD Gugus II Keecamatan Kubu selama ini cenderung text books oriented, jarang menggunakan alat peraga. Hal ini disebabkan oleh minimnya jumlah alat peraga yang tersedia dan masih rendahnya kreativitas guru dalam membuat alat peraga matematika. Oleh karenanya dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang, membuat dan menggunakan alat peraga matematika. Pelatihan melibatkan 24 orang guru yang berasal dari 7 SD di Gugus II Kecamatan Kubu. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yang dibagi dalam 3 sesi yaitu 1) pemaparan materi tentang pentingnya pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD, 2) latihan merancang dan membuat alat peraga, serta 3) simulasi penggunaan alat peraga yang dihasilkan. Kegiatan pelatihan telah berhasil meningkatkan kemampuan -guru SD Gugus II Kecamatan Kubu dalam merancang, membuat dan menggunakan alat peraga matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan peserta dalam menghasilkan produk alat peraga kartu bilangan serta kemampuan peserta dalam menggunakannya alat peraga tersebut. Peserta menanggapi positif terhadap pelaksanaan pelatihan dengan persentase skornya sebesar 87%.References
Amir, A. 2014. Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In FORUM PAEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 6, No. 01).
Annisah, S. 2017. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1-15.
Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204-214.
Depdiknas. 2010. Pedoman Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar
Elda, Manurung dkk. 2013. Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbantuan Alat Peraga Kartu Kit di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2: No 5 (2013): Mei 2013
Hikmah, N. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda ULU. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 80-85.
Ilma, R. 2014. Implementasi Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Kelly, Catherine. 2006. Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance-Based Analysis. The Mathematics Enthusiast: Vol. 3: No. 2, Article 6
Pranata, E. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34-38.
Pujiati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD. Makalah tidak dipublikasikan. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Rohayati, A. 2012. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.
Sukayati dan Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika
Sundayana, R. 2015. Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.
Suroto. 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIIC SMP N 2 Semarang pada Kompetensi Dasar Pemaktoran Bentuk Aljabar melalui Alat Peraga Domino. Media Penelitian Pendidikan. Vol 6: Hal 90 -10
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)