Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru-Guru SD Gugus II Kecamatan Kubu

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.18023

Abstract

Pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD merupakan kebutuhan mengingat sifat matematika yang abstrak dan usia siswa SD yang masih berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkrit. Namun faktanya pembelajaran matematika di SD Gugus II Keecamatan Kubu selama ini cenderung text books oriented, jarang menggunakan alat peraga. Hal ini disebabkan oleh minimnya jumlah alat peraga yang tersedia dan masih rendahnya kreativitas guru dalam membuat alat peraga matematika. Oleh karenanya dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang, membuat dan menggunakan alat peraga matematika. Pelatihan melibatkan 24 orang guru yang berasal dari 7 SD di Gugus II Kecamatan Kubu. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yang dibagi dalam 3 sesi yaitu 1) pemaparan materi tentang pentingnya pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD, 2) latihan merancang dan membuat alat peraga, serta 3) simulasi  penggunaan alat peraga yang dihasilkan. Kegiatan pelatihan telah berhasil meningkatkan kemampuan -guru SD Gugus II Kecamatan Kubu dalam merancang, membuat dan menggunakan alat peraga matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan peserta dalam menghasilkan produk alat peraga kartu bilangan serta kemampuan peserta dalam menggunakannya alat peraga tersebut. Peserta menanggapi positif terhadap pelaksanaan pelatihan dengan persentase skornya sebesar 87%.

References

Amir, A. 2014. Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. In FORUM PAEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 6, No. 01).

Annisah, S. 2017. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1-15.

Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204-214.

Depdiknas. 2010. Pedoman Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar

Elda, Manurung dkk. 2013. Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbantuan Alat Peraga Kartu Kit di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2: No 5 (2013): Mei 2013

Hikmah, N. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda ULU. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 80-85.

Ilma, R. 2014. Implementasi Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Kelly, Catherine. 2006. Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance-Based Analysis. The Mathematics Enthusiast: Vol. 3: No. 2, Article 6

Pranata, E. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34-38.

Pujiati. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD. Makalah tidak dipublikasikan. Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Rohayati, A. 2012. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI.

Sukayati dan Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika

Sundayana, R. 2015. Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Suroto. 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VIIC SMP N 2 Semarang pada Kompetensi Dasar Pemaktoran Bentuk Aljabar melalui Alat Peraga Domino. Media Penelitian Pendidikan. Vol 6: Hal 90 -10

Downloads

Published

2019-09-01

Issue

Section

Articles