PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.18316Abstract
Kecamatan Kintamani terletak di Kabupaten Bangli dan memiliki dukungan alam potensial yang bisa berguna untuk pembelajaran. Hanya saja, guru PAUD di Kecamatan Kintamani masih belum mampu memanfaatkan kekayaan alam tersebut sebagai seting dan media belajar sesuai dengan yang dituntut oleh Kurikulum 2013. Guru belum mampu memahami konsep pendekatan saintifik, juga belum mampu merancang perangkat pembelajaran yang memuat pendekatan saintifik dengan baik dan kesulitan dalam penerapannya. Berdasarkan kondisi ini maka tim pengabdi melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) berupa PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Dalam kegiatan P2M ini, guru-guru diberikan pemahaman, pelatihan dan pendampingan mengenai pendekatan saintifik. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman guru mengenai pendekatan saintifik, peningkatan keterampilan guru menyusun perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, serta peningkatan keterampilan guru merancang pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Hasil juga menunjukkan kepuasan kedua mitra terhadap kegiatan dan dampak positif yang diakibatkan dari pelatihan dan pendampinganDownloads
Published
2019-09-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)