VARIASI SPASIAL DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI DESA KORIPAN, KEC. SUSUKAN, KAB. SEMARANG

Authors

  • Diana Barirotuttaqiyyah Gadjah Mada University
  • Lutfi Muta'ali Gadjah Mada University
  • Andri Kurniawan Gadjah Mada University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.18317

Abstract

Pembangunan Jalan Tol dampat memberikan dampak positif maupun negatif pada lingkungan dan masyarakat disekitarnya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana variasi spasial dampak pembangunan Jalan Tol terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat petani di Desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variasi spasial dampak pembangunan Jalan Tol terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat petani di Desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yaitu pendapatan dan pengeluaran masyarakat petani sebelum (2016) dan sesudah (2018) pembangunan Jalan Tol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Populasi dalam penelitian ini meliputi masyarakat petani penggarap di Desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang sebanyak 304 petani penggarap. Teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Daerah penelitian dibagi menjadi tiga zona yaitu Zona I, Zona II, dan Zona III. Jumlah sampel yang diambil di masing-masing zona sebanyak 30 petani penggarap. Teknik analisis yang digunakan meliputi diskriptif kuantitatif dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan Jalan Tol menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat petani secara spasial di Zona I, Zona II, dan Zona III. 

References

Hafif, B. (2014). Dampak Perubahan Iklim Terhadap Pola Pengelolaan Lahan Pertanian di Lampung. Seminar Nasional BKS PTN Barat, 19-21.

Kondoatie, R. J. (2003). Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosni. (2017). Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara. Geografi, 53-66.

Sitompul, R. F. (2009). Merancang Model Pengembangan Masyarakat Pedesaan dengan Pendekatan System Dynamic. Jakarta: LIPI Press.

Stern, N. (1991). The Determinants of Growth. The Economic Journal, 101, 122-133.

Sugiarto. (n.d.). Analisis Tingkat Kesejahteraan Petani Menurut Pola Pendpatan dan Pengeluaran di Perdesaan. Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Downloads

Published

2020-06-19

Issue

Section

Articles