PELATIHAN ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS DI “KAMPOENG BATARA”, KALIPURO, BANYUWANGI

Wulan Wangi

Abstract


Abstrak

Kampoeng Batara (Baca Taman Rimba) merupakan tempat belajar alternatif dalam mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pendidikan melalui berbagai macam kegiatan yang bersifat edukasi. Tujuan dari program ini adalah memberikan pelatihan Bahasa Inggris bagi pembelajar usia muda atau yang dikenal dengan English for Young Learners (EYL) di Kampoeng Batara.Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris berkolaborasi dengan Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi dalam melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah materi bahasa Inggris yang diberikan kepada peserta melalui beberapa macam permainan (games) dapat membantu keterbatasan kemampuan Bahasa Inggris mereka.

 

Kata kunci: EYL; Pelatihan; Kampoeng Batara


Full Text:

PDF

References


Bina, Kundhini. 2012. Keefektifan Metode Coopertaive Learning Tipe Talking Stick Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI 2 Banguntapan Bantul. Yogyakarta: eprints Universitas Negeri Yogyakarta

Cynthia, L.C., Martono, T., dan Indriayu, M. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1 (2), 1-20.

Fajarina, M. 2017. Mastering Teaching English for Young Learners. Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 5(1), 1-11.

Mustafa, Bachrudin. 2010. Teaching English to Young Learners in Indonesia: Essential Requirements. Jurnal Educationist, 4(2), 120-125.

(Team) 2018. Cambridge English: Young Learners Handbook for Teachers. Cambridge : Cambridge English org.

http://eprints.uny.ac.id/9114/3/bab%202-08203241010.pdf (diakses pada 20 Juli 2019)

http://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/17966/14340(diakses pada 22 Juni 2019)

https://www.researchgate.net/publication/326086031_Mastering_Teaching_English_For_Young_Learners(diakses pada 17 Juni 2019)

http://jurnal.upi.edu/educationist/view/76/teaching-english-to-young-learners-in-indonesia:-essential-requirements.html (diakses pada 11 Mei 2019)

www.cambridgeenglish.org/younglearners.pdf (diakses pada 3 Mei 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v9i1.19487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Logo Undiksha

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha

 


Creative Commons License

Widya Laksana is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.