PELATIHAN ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS DI “KAMPOENG BATARA”, KALIPURO, BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.19487Abstract
Abstrak
Kampoeng Batara (Baca Taman Rimba) merupakan tempat belajar alternatif dalam mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pendidikan melalui berbagai macam kegiatan yang bersifat edukasi. Tujuan dari program ini adalah memberikan pelatihan Bahasa Inggris bagi pembelajar usia muda atau yang dikenal dengan English for Young Learners (EYL) di Kampoeng Batara.Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris berkolaborasi dengan Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi dalam melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah materi bahasa Inggris yang diberikan kepada peserta melalui beberapa macam permainan (games) dapat membantu keterbatasan kemampuan Bahasa Inggris mereka.
Kata kunci: EYL; Pelatihan; Kampoeng Batara
References
Bina, Kundhini. 2012. Keefektifan Metode Coopertaive Learning Tipe Talking Stick Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA NEGERI 2 Banguntapan Bantul. Yogyakarta: eprints Universitas Negeri Yogyakarta
Cynthia, L.C., Martono, T., dan Indriayu, M. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1 (2), 1-20.
Fajarina, M. 2017. Mastering Teaching English for Young Learners. Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 5(1), 1-11.
Mustafa, Bachrudin. 2010. Teaching English to Young Learners in Indonesia: Essential Requirements. Jurnal Educationist, 4(2), 120-125.
(Team) 2018. Cambridge English: Young Learners Handbook for Teachers. Cambridge : Cambridge English org.
http://eprints.uny.ac.id/9114/3/bab%202-08203241010.pdf (diakses pada 20 Juli 2019)
http://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/17966/14340(diakses pada 22 Juni 2019)
https://www.researchgate.net/publication/326086031_Mastering_Teaching_English_For_Young_Learners(diakses pada 17 Juni 2019)
http://jurnal.upi.edu/educationist/view/76/teaching-english-to-young-learners-in-indonesia:-essential-requirements.html (diakses pada 11 Mei 2019)
www.cambridgeenglish.org/younglearners.pdf (diakses pada 3 Mei 2019)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)