Pemberdayaan dan Pelatihan Desain Grafis Bisnis Kekinian pada Desa Limo

Authors

  • Akhmad Nidhomuz Zaman Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21116

Abstract

Perkembangan teknologi informasi khususnya pada bidang desain grafis sangat bermanfaat bagi kemajuan dunia industri. Desain grafis dapat memberikan keterampilan dalam berkomunikasi secara visual melalui media teks atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan menggunakan software desain grafis. Keterampilan desain grafis sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang usaha, seperti percetakan, advertising, multimedia, fashion, dan industri kreatif lainnya. Kegiatan PKM dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas kampus dengan peserta dari warga Desa Limo-Depok-Jawa Barat. Potensi pada pemuda-pemuda warga desa diantaranya adalah pada bidang desain bahkan ada pelaku bisnis desain grafis. Permasalahan yang dihadapi adalah masih sedikit warga yang menggeluti bidang desain dan pemasaran produk. Pelatihan dilakukan dengan materi diskusi yaitu: CorelDraw, Adobe, dan Canva. Pelatihan yang diselenggarakan bisa membuat warga limo menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam membuka peluang bisnis serta terjalin hubungan baik antara warga Desa Limo dengan Universitas khususnya Fakultas Teknik.

Author Biography

Akhmad Nidhomuz Zaman, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Teknik Industri, Fakultas Teknik

References

Agustina, R. 2017. Pelatihan Desain Grafis untuk Perangkat Desa Dalam Rangka Peningkatan sdm di Desa Ngawonggo Kecamatan tajinan kab. Malang. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang. Vol. 2, Nomor 1, Juni 2017.

Asroni, Setyawan H. 2016. Pelatihan MS Office dan Pembuatan Blog Di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan Sleman. (Laporan PKM). UMY. Yogyakarta.

Tim LPPM. 2019. Panduan Litmas Internal. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

Wirawan, I M A, Darmawiguna, I G M. 2014. Pelatihan Desain Grafis dengan Aplikasi Corel Draw untuk Anak-anak Panti Asuhan se-Kecamatan Buleleng. (Laporan PKM). Undiksha. Bali.

Downloads

Published

2020-06-19

Issue

Section

Articles