PENINGKATAN KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN BAHAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Authors

  • Ketut Lasia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21434

Abstract

Keselamatan kerja di laboratorium merupakan dambaan bagi setiap individu, karena sangat terkait dengan kepentingan kesehatan, keamanan, dan kenyamanan kerja. Salah satu caranya adalah melalui pelatihan penggunaan bahan berwawasan lingkungan. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keselamatan kerja di laboratorium. Metode yang digunakan adalah diskusi dan praktek. Hasil pelatihan adalah pretes, postes, pengelola menggunakan bahan berwawasan lingkungan dalam praktikum, dan pengelola laboratorium dapat memodifikasi prosedur praktikum dengan menggunakan bahan berwawasan lingkungan. Pelatihan penggunaan bahan berwawasan lingkungan telah meningkatkan pemahaman pengelola laboratorium terhadap sifat-sifat bahan kimia, mampu mengidentifikasi bahan yang aman untuk praktikum, dan mampu mengembangkan praktikum kimia berwawasan lingkungan.  Dengan demikian, pengelola laboratorium dapat meningkatkan keselamatan kerja di laboratorium melalui penggunaan bahan berwawasan lingkungan.

 

Kata kunci: keselamatan, laboratorium, lingkungan

References

Dadan Rosada, Nur Kadarisman & Raharjo. 2017. Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Dadan Ahmad Fadili, Rd. Dwi Yulianti S, Aji Tuhagana, & Asep Jamaludin. 2018. Pengaruh Pelatihan Kerja dan Pengembangan SDM Terhadap Kinerja Karyawan. Buana Ilmu, 3 No 1. 80-85.

Dinda Laminia & Lailatul Muniroh. 2018. Hubungan Motivasi Dan Masa Kerja Dengan Produktivitas Pekerja Di Home Industry (Relationship Of Motivation And Work Period With Workers Productivity At Home Industry). The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health. Vol. 7. No. 2. 241–248.

I Gusti Ayu Ari Laksmi, IGA. 2014. Analisa Pengelolaan Alat dan Bahan Praktikum pada Laboratorium Kimia: Studi Kasus di SMA N 1 Seririt. eJournal Kimia Visvitalis.Vol. 2. No. 1. Tersedia pada http://www.Undiksha.ac.id/ ejournal. Diakses tanggal 9 september 2014

I Ketut Lasia. 2013. Analisis Pengetahuan Mahasiswa tentang Dampak Penggunaan bahan Kimia dalam Praktikum Kimia Organik terhadap Kesehatan (Studi Menuju Pengelolaan laboratorium Kimia yang Aman bagi Manusia). Proseding Seminar Nasional FMIPA III Undiksha. Hal 148-151.

I Ketut Lasia, I Made Gunamantha & I Ketut Budiada. 2014. Pelatihan Teknik Penggunaan Bahan Kimia untuk Peningkatkan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Laksana. Edisi Januari. 44-56

I Nyoman Suardana. 2010. Pengembangan Model Praktikum Kimia Dasar Berbasis Budaya Bali untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Kimia. Disertasi SPs UPI. Tidak Dipublikasikan.

I Wayan Redhana. 2014. Menghijaukan Kurikulum Kimia untuk Mencapai Pembangunan Berkelanjutan. Orasi Ilmiah Pengenalan Guru Besar Tetap dalam Bidang Pendidikan Kimia. Singaraja: Undiksha.

Iswahyudi. 2009. Pengaruh Kompetensi Manajerial Terhadap Kinerja Pimpinan Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Yoyakarta: UII

Muthmainnah. 2012. Analisis Dampak Pelatihan dan Pendampingan terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktek Hygiene Sanitasi Makan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS). Skripsi. Departemen Gizi Masyarakat. Fakultas Ekologi Manusia. IPB.

Muhtaridi. 2011. Keselamatan Kerja Di Laboratorium. Makalah dalam pelatihan laboran di Makasar.

Nurhikma, Lery F. Suoth & Rahayu H. Akili. 2018. Hubungan Antara Stres Kerja dan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja Perawat di RSUP Ratatotok-Buyat. Jurnal Kesmas. Vol. 7 No. 5.1-8.

Permendikbud RI No. 65 th. 2013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pemenpan dan RB RI No.7 th. 2019 tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan.

Ravichandran, S. 2011. Green Chemistry For sustainable Development. Asean Journal of Biochemical and Pharmaceutical Research, 2(1), 129-135.

Siti Krisnawati & Yuyun Tri Lestari. 2018. Stres Kerja Dan Konflik Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Volume 3, Special Issue Manajemen Strategi Bisnis, 285 - 292

Tantris. 2006. Pengelolaan Laboratorium dan Sistem evaluasi Kegiatan Praktikum Fisika dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus pada SMAN di Kabupaten Buleleng). Tesis. Singaraja: PPS Undiksha.

Downloads

Published

2020-06-19

Issue

Section

Articles