PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH REMAJA BERSTANDAR LKIR LIPI BAGI GURU DAN SISWA SMA ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Rangga Asmara Universitas Tidar
  • Widya Ratna Kusumaningrum Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21760

Abstract

Dewasa ini menulis belum menjadi minat dan kegemaran anak Indonesia. Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai oleh kaum intelektual adalah menulis karya ilmiah. Salah satu SMA yang sangat konsen dengan kegiatan penulisan karya ilmiah adalah SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Mungkid Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap siswa dan guru di SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri, keterampilan menulis karya tulis ilmiah siswa masih sangat perlu ditingkatkan. Salah satu kendala yang mencolok tampak dari produksi karya ilmiah yang dihasilkan oleh para siswa baik dari segi kualitas dan kuantitas masih belum sesuai harapan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan Model Latihan Partisipatif (Participatory Training Model). Peserta program kemitraan masyarakat ini sebanyak 60 orang dari unsur siswa dan guru. Kegiatan ini dilakasanakan dalam 8 kali pertemuan. Secara umum pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang ditetapkan oleh tim pelaksana. Indikatornya: antusiasme peserta program dalam mengikuti program pengabdian, ketercapaian luaran, yaitu 10 proposal yang telah diunggah ke laman LKIR LIPI, sambutan yang positif dari kepala sekolah, serta bantuan dari guru pendamping selama kegiatan pengabdian berlangsung. Melalui pendampingan ini siswa menjadi lebih literat, mengintepretasi permasalahan secara kritis, dan ditindaklanjuti dengan kegiatan produktif yang relevan, yaitu penulisan karya ilmiah remaja.

Author Biographies

Rangga Asmara, Universitas Tidar

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Widya Ratna Kusumaningrum, Universitas Tidar

Pendidikan Bahasa Inggris

References

An Nisa, K. (2018). Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Petik, 2(1), 24-35. doi: https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i1.63

Astuti, Y., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250-262. doi:https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Doyin, M. & Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Gie, L.T. (2002). Terampil Berbahasa. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Kamil, M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Khiyaruddin & Manyatika, S. (2018). Penerapan Active Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar PPKN Siswakelas V SD Negeri Ngkeran T.A.2017/2018. Bina Gogik, 5(2), 1-13. Retrieved from http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/205

Musaffak, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Pengambil Matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM Semester II 2012 dengan Strategi Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(4), 354-366. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4145

Pribadi, B.A, & Sjarif, E. (2010). Pendekatan Konstruktivistik dan Pengembangan Bahan Ajar Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 11(2), 117-128. Retrieved from http://ilp.ut.ac.id/index.php/JPTJJ/article/view/77

Sumarsih. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1), 54-62. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.945

Wulandari, Tri and Fuady , Amir and Sumarwati, (2012) Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Metode Menulis Berantai pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1), 77-92.

Downloads

Published

2020-06-19

Issue

Section

Articles