PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN POWTOON BAGI GURU BAHASA JEPANG SMA/SMK DI KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v9i2.21873

Abstract

Tujuan pengabdian adalah untuk memberikan pengetahuan kepada guru bahasa Jepang SMA/SMK di kabupaten Buleleng mengenai cara pembuatan media pembelajaran multimedia, khususnya Powtoon. Metode kegiatan yang digunakan adalah ceramah dan diskusi, praktek pembuatan Powtoon serta pendampingan pembuatan Powtoon di sekolah. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2019 dengan diikuti oleh 22 peserta, sedangkan pendampingan dilaksanakan pada 9 dan 25 September 2019 di 2 sekolah. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa  kendala-kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya ide kreatif (33%), internet yang kurang memadai (19%), kurangnya kemampuan bidang IT (19%), serta sulit mengingat fitur-fitur pada powtoon (14%). Hasil pendampingan menunjukkan masih ada beberapa kendala yang ditemui guru dalam mengembangkan powtoon, yaitu; kendala sinyal internet terutama ketika akan mengupload hasil powtoon ke youtube dan kesulitan mencari waktu untuk membuat powtoon karena harus banyak mengerjakan administrasi guru.  

Kata kunci: pelatihan, pendampingan, media pembelajaran, multimedia, powtoon

 

Author Biographies

Kadek Eva Krishna Adnyani, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa Asing

I Wayan Sadyana, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa Asing

Ni Nengah Suartini, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa Asing

Gede Satya Hermawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Bahasa Asing

References

Cambridge Dictionary. 2019. Multimedia. Diunduh dari : https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/multimedia. Diakses pada 2 Februari 2019.

Duludu, Ummyssalam A.T.A. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Dari Google Book, (Online), diakses pada 15 Februari 2018.

Gunawardhana, L K Pulasthi Dhananjaya dan Palaniappan, Sellappan. 2016. Using Multimedia as an Education Tool. Dipresentasikan pada 9th Annual International Conference on Computer Games Multimedia & Allied Technologies (CGAT 2016). Diunduh dari: https://www.researchgate.net/publication/313512325_Using_Multimedia_as_an_Education_Tool diakses pada 5 Februari 2019.

Juanda, Endang A. 2011. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar-Dasar Mikrokontroler. Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17 No. 6, Oktober 2011, hlm 439 – 444.

Powtoon. 2019. Powtoon: About Us. Diunduh dari : https://www.powtoon.com/aboutus/ diakses pada 1 November 2019.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles