PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN POWTOON BAGI GURU BAHASA JEPANG SMA/SMK DI KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v9i2.21873Abstract
Tujuan pengabdian adalah untuk memberikan pengetahuan kepada guru bahasa Jepang SMA/SMK di kabupaten Buleleng mengenai cara pembuatan media pembelajaran multimedia, khususnya Powtoon. Metode kegiatan yang digunakan adalah ceramah dan diskusi, praktek pembuatan Powtoon serta pendampingan pembuatan Powtoon di sekolah. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2019 dengan diikuti oleh 22 peserta, sedangkan pendampingan dilaksanakan pada 9 dan 25 September 2019 di 2 sekolah. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa kendala-kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya ide kreatif (33%), internet yang kurang memadai (19%), kurangnya kemampuan bidang IT (19%), serta sulit mengingat fitur-fitur pada powtoon (14%). Hasil pendampingan menunjukkan masih ada beberapa kendala yang ditemui guru dalam mengembangkan powtoon, yaitu; kendala sinyal internet terutama ketika akan mengupload hasil powtoon ke youtube dan kesulitan mencari waktu untuk membuat powtoon karena harus banyak mengerjakan administrasi guru.
Kata kunci: pelatihan, pendampingan, media pembelajaran, multimedia, powtoon
References
Cambridge Dictionary. 2019. Multimedia. Diunduh dari : https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/multimedia. Diakses pada 2 Februari 2019.
Duludu, Ummyssalam A.T.A. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Dari Google Book, (Online), diakses pada 15 Februari 2018.
Gunawardhana, L K Pulasthi Dhananjaya dan Palaniappan, Sellappan. 2016. Using Multimedia as an Education Tool. Dipresentasikan pada 9th Annual International Conference on Computer Games Multimedia & Allied Technologies (CGAT 2016). Diunduh dari: https://www.researchgate.net/publication/313512325_Using_Multimedia_as_an_Education_Tool diakses pada 5 Februari 2019.
Juanda, Endang A. 2011. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar-Dasar Mikrokontroler. Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17 No. 6, Oktober 2011, hlm 439 – 444.
Powtoon. 2019. Powtoon: About Us. Diunduh dari : https://www.powtoon.com/aboutus/ diakses pada 1 November 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)