PELATIHAN PENGGUNAAN EDMODO BAGI SISWA DI SMP NEGERI 2 NUSA PENIDA

I Made Ardwi Pradnyana, Gede Saindra Santyadiputra, I Gede Mahendra Darmawiguna

Abstract


Salah satu komponen yang menjadi penentu kesuksesan implementasi e-learning Edmodo di sekolah adalah pengetahuan dan keterampilan guru dan juga siswa dalam menggunakan Edmodo. Pelatihan ini adalah tindaklanjut dari pelatihan dan pendampingan yang sudah dilakukan sebelumnya di SMP Negeri 2 Nusa Penida. Tahapan yang dilakukan dalam pelatihan ini yaitu (1) pengenalan pembelajaran daring, (2) pengenalan edmodo dan fitur-fiturnya, (3) praktik dan simulasi pembelajaran menggunakan edmodo, dan (4) evaluasi pelatihan.  Pelatihan ini diikuti oleh 28 orang perwakilan siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 92,9% menyatakan e-learning menggunakan Edmodo menarik, dimana 78,6% nya menyatakan menarik karena Edmodo dapat diakses darimana saja. Selanjutnya, hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa 89,3% siswa menyatakan setuju jika guru mereka mengunakan e-learning Edmodo dalam proses pembelajaran, dengan dominasi alasan yaitu 50% karena memungkinkan siswa bisa belajar dimana saja dan kapan saja mereka mau (fleksibel). Untuk tanggapan kesulitan yang mungkin akan dialami ketika akan menggunakan edmodo, 53,6% menyatakan tidak merasa akan menemukan kesulitan. Selanjutnya, siswa menyatakan bahwa kendala yang akan mereka temui dominan yaitu 42,9% pada koneksi atau jaringan internet yang masih tidak lancar.

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Santosa, P. I., & Ferdiana, R. (2016). Sejarah, Tantangan, dan Faktor Keberhasilan dalam Pengembangan e-Learning. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November). Surabaya: SESINDO.

Budiaman, B. (2017). Analisis Faktor‐Faktor Kesulitan Penerapan E‐Learning Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 50. https://doi.org/10.21009/lontar.072.05

Pradnyana, I. M. A., Santyadiputra, G. S., & Darmawiguna, I. G. M. (2019). Pelatihan Penggunaan E-Learning Edmodo Bagi Guru di SMP Negeri 2 Nusa Penida. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SENADIMAS) Ke-4, 889–897. Retrieved from https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2019/

Putranti, A. D. A. D., Herlambang, A. D., & Saputra, M. C. (2019). Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Layanan E-Learning Berbasis Moodle dengan Menggunakan Expectation – Confirmation Model dan Delone and Mclean ’ s Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN:2548-964X, 3(1), 90–99.

Waryanto, N. H., & Insani, N. (2013). Tingkat Kesiapan (Readiness) Implementasi E-Learning di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2478




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v9i1.21890

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF file view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Logo Undiksha

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha

 


Creative Commons License

Widya Laksana is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.