PELATIHAN PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI BAGI GURU-GURU SMK SE-KECAMATAN GEROKGAK

I Made Edy Listartha, I Gede Mahendra Darmawiguna, I Made Ardwi Pradnyana, Gede Aditra Pradnyana, I Made Dendi Maysanjaya, Putu Dhanu Driya, I Gede Wira Dharma Putra, Gusti Ayu Putu Setiari

Abstract


Gamifikasi merupakan sebuah teknik yang menjadi tren dewasa ini, namun masih sedikit para pengajar yang belum dapat menerapkan media pembelajaran berbasis gamifikasi ini. Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan terhadap 33 pengajar SMK Se-Gerokgak, terlihat hanya 17 pengajar yang mengetahui media pembelajaran berbasis gamifikasi. Kemudian, terlihat 45.5% pengajar sudah mengetahui media pembelajaran berbasis gamifikasi Kahoot, namun hanya 27.3% pengajar dari total 33 responden pengajar yang menggunakan media pembelajaran Kahoot. Tim pelaksana berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian yang ditujukan untuk semua tenaga pengajar SMK sekecamatan Gerokgak yang dilaksanakan pada 15 dan 16 November 2019 di SMK N 1 Gerokgak. Dari 32 guru yang ikut dalam proses pelatihan menggunakan Kahoot ini, didapatkan hasil dari jajak pendapat bahwa 100% guru sudah bisa menggunakan media pembelajaran Kahoot, sebanyak 96.9% yakin media pembelajaran berbasis gamifikasi dapat membantu kegiatan pengajaran mereka dan sebanyak 93.8% akan menggunakan media pembelajaran Kahoot sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v9i1.22369

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF file view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal ini diterbitkan oleh :

Logo Undiksha

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Universitas Pendidikan Ganesha

 


Creative Commons License

Widya Laksana is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.