PELATIHAN PENGGUNAAN E-LEARNING SCHOOLOGY BAGI GURU SMK SE-KECAMATAN GEROKGAK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.24977Abstract
E-learning merupakan terobosan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Beragam jenis learning management system (LMS) telah dikembangan dan digunakan, salah satunya adalah schoology. Meski demikian masih ada guru, khususnya guru SMK di Kecamatan Gerokgak yang sama sekali belum pernah menggunakan LMS. Sementara ada beberapa guru yang sudah pernah menggunakan LMS, menyatakan bahwa LMS yang digunakan masih memiliki beberapa kelemahan dan cenderung tidak stabil. Berdasarkan permasalahan tersebut dirancanglah sebuah kegiatan pelatihan untuk guru SMK sebanyak 46 orang, dan berasal dari beberapa SMK di Kecamatan Gerokgak. Metode pengabdian yang dilakukan terdiri atas lima tahap kegiatan, yang terdiri atas penentuan lokasi, persiapan, pelatihan, evaluasi, dan pelaporan kegiatan. Dari hasil pengabdian yang dilakukan, sebanyak 95,7% menyatakan sudah bisa menggunakan fitur schoology dan merasakan kebermanfataannya, serta 73,9% menyatakan akan menggunakannya sebagai media pendukung proses pembelajaran.References
Aidid, S. (2018). Asyik, Kita Bisa buat E-Learning Schoology lho!. Retrieved December 6, 2019, form https://www.kompasiana.com/sumayazaki/5bcf8686ab12ae16923753e2/asyiiik-kita-bisa-buat-e-learning-schoology-lho
Burhani, R. (2018). Laporan: Metode belajar daring semakin diminati. Retrieved January 8, 2019, from https://www.antaranews.com/berita/677626/laporan-metode-belajar-daring-semakin-diminati
Eka. (2016). Media E-Learning Schoology. Retrieved December 6, 2019, from http://ekateddytkj2.blogspot.com/2016/05/pengertian-schoology.html
Hidayat, M. W. (2018). E-Learning Makin Menarik Perhatian di 2018. Retrieved January 8, 2019, from https://www.liputan6.com/tekno/read/3226423/e-learning-makin-menarik-perhatian-di-2018
Ratnasari, A. (2012). Studi Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012) Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)