KKN-PPM BERKONSEP TAT TWAM ASI PADA DESA TIMPAG DALAM MEWUJUDKAN DESA KOLABORATIF, INOVATIF DAN BERBUDAYA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v9i2.28157

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dalam format KKN-PPM di Desa Timpag ini ialah untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum terkait beberapa strategi baru yang telah dilakukan oleh tim pengabdi untuk memecahkan permasalahan di Desa Timpag terkait bidang ekonomi-kerakyatan, budaya, seni, dan pendidikan karakter, TI untuk desa, serta kesehatan yang berlandaskan pengejawantahan konsep Tat Twam Asi. Kegiatan KKN-PPM ini dilakukan di Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan KKN-PPM ini diantaranya: 3 anggota pengabdian dan 20 mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha yang mengikuti program KKN. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah selama 31 hari. Pelaksanaan KKN-PPM ini menggunakan metode yang sesuai dengan tahapan-tahapan program yang merujuk pada standar keberhasilan kegiatan di masing-masing bidang untuk mewujudkan Desa Timpag yang kolaboratif, inovatif dan berbudaya. Hasil dari KKN-PPM ini menampilkan adanya antusias tinggi dari seluruh elemen masyarakat Desa Timpag dalam mengikuti semua kegiatan dan program-program KKN-PPM yang telah dijalankan sebagai strategi pemecahan masalah dan upaya untuk mewujudkan desa yang kolaboratif, inovatif dan berbudaya. metodepelaksanaan, hasildankesimpulan.

Author Biographies

Dewa Gede Hendra Divayana, [SCOPUS ID: 57194336662] Universitas Pendidikan Ganesha

https://scholar.google.co.id/citations?user=ua56zFMAAAAJ&hl=en Dr. Dewa Gede Hendra Divayana  is a lecturer who is responsible as the Chief Editor of the Journal of Education Research and Evaluation (JERE). He is also active as a reviewer of several international journals. He teaches courses on IT Educational Evaluation, Educational Statistics, Artificial Intelligence in Education, as well as guiding students in conducting Postgraduate research in related fields. He has a focus on research in the field of IT Educational Evaluation.

I Putu Wisna Ariawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Deparment of Mathematics Education

P Wayan Arta Suyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Deparment of Informatics in Education

References

Adnyana, I.M.W., Putra, I.K.A., & Suadnyana, I.N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tat Twam Asi Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS. International Journal of Elementary Education, 1(4), 299-307.

Ariawan, I.P.W., Simatupang, W., Ishak, A.M., Agung, A.A.G., Suratmin, Adiarta, A., & Divayana, D.G.H. (2018). Development of ANEKA Evaluation Model Based on TOPSIS in Searching the Dominant Aspects of Computer Learning Quality Determinants. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96 (19), 6580-6596.

Budiadnya, P. (2018). Tri Hita Karana dan Tat Twam Asi Sebagai Konsep Keharmonisan dan Kerukunan. Widya Aksara, 23(2), 1-8.

Divayana, D.G.H. (2020). Hasil Observasi dan Wawancara Terkait Kondisi Geografi dan Demografi Desa Timpag. Singaraja: KKN-PPM Universitas Pendidikan Ganesha.

Divayana, D.G.H., Ariawan, I.P.W., & Adiarta, A. (2018). Model Evaluasi ANEKA Berbasis Topsis Dalam Mencari Aspek Dominan Penentu Kualitas Pembelajaran Komputer. Hak Cipta Nomor: 000122381. Jakarta: Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Divayana, D.G.H., Suyasa, P.W.A., & Sugihartini, N. (2016).

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 5(3), 149-157.

Kusuma, I.G.L.A.W. (2018). Implementasi Ajaran Tat Twam Asi Terhadap Mahasiswa Penyandang Tunanetra di IHDN Denpasar. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 2(2), 587-591.

Nuryani, N.N.J., & Gorda, A.A.N.O.S. (2018). Penerapan Nilai Spiritual Hindu Dalam Meningkatkan Kinerja Perbankan Di Era Digital (Study Pada Bank BRI Cabang Singaraja Bali). Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Unisbank (Sendi_U) Ke-4, Universitas Stikubank, Semarang, 25 Juli 2018, 534-538.

Pondayar, Y.R. (2018). Peranan Panti Sosial Tresna Werdha “Tat Twam Asi” Dalam Pemberdayaan Lanjut Usia (Lansia) Distrik Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Ilmu Sosial, 16(3), 192-196.

Pradnyani, G.A.M.I., Kristiantari, M.R., & Asri, I.G.A.A.S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Quantum Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn Siswa Kelas IV SD Gugus PB, Sudirman Denpasar Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 281-289.

Saefudin, A., & Rohman, F. (2019). Teologi Damai Agama Islam, Hindu, dan Kristen di Plajan Pakis Aji Jepara. Jurnal Al-Qalam, 25(2), 393-404.

Suwirja, I.W., & Widhiasthini, N.W. (2019). Konstruksi Sosial Pelayanan Kesehatan Berbasis Tat Twam Asi. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(4), 393-404.

Suyasa, P.W.A., & Divayana, D.G.H. (2018). Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Berbasis Kvisoft flipbook maker. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 222-233.

Suyatra, I.P. (2018). Desa Timpag Kembangkan Konservasi Tyto Alba. Tabanan: Bali Express.

Widyastuti, I.A.P. (2018). Implementasi Patient Safety Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 1-17.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles