Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Media Adaptif bagi Guru-Guru SLB Negeri 1 Klungkung

Authors

  • Made Juniantari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Undiksha
  • Gede Saindra Santyadiputra Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha
  • Luh Ayu Tirtayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.29536

Abstract

Penyediaan layanan pendidikan yang bermutu bukanlah menjadi hak anak normal saja, tetapi juga bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Hasil analisis situasi di SLB Negeri 1 Klungkung menunjukkan bahwa ketersediaan media pembelajaran adaptif  di sekolah masih minim padahal bagi ABK fungsi media bukan saja sebagai mediator dalam pembelajaran tetapi juga berperan sebagai alat bantu ketunaan, alat bantu terapi, dan alat bantu rehabilitasi. Bersama mitra selanjutnya disepakati prioritas masalah yang sekaligus menjadi tujuan dari program PKM ini yaitu pemberdayaan guru dalam mengidentifikasi, merancang, membuat, dan menggunakan media adaptif bagi ABK. Metode pelaksanaan kegiatan adalah pelatihan. Pelatihan melibatkan 17 orang guru SLB Negeri 1 Klungkung. Pelatihan dilaksanakan dalam 3 sesi yaitu 1) pemaparan materi tentang pentingnya pemanfaatan media adaptif untuk ABK, 2) latihan merancang dan membuat media, serta 3) simulasi  penggunaan media yang dihasilkan. . Kegiatan pelatihan telah berhasil meningkatkan kemampuan -guru dalam merancang, membuat dan menggunakan alat peraga matematika. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan peserta dalam menghasilkan produk alat peraga fun exercise serta kemampuan peserta dalam menggunakannya media tersebut. Peserta menanggapi positif terhadap pelaksanaan pelatihan dengan persentase skornya sebesar 88,9%.

References

Aini Mahabbati, A.Pd., M. . (2013). Layanan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Dan Pendidikan Inklusif. 1–40.

Atanasius, E. P. (2016). Modul Guru Pembelajar Plb Tuna Daksa.

Bermasa, A. B. K. (2017). Abk bermasa depan cerah. 1–60.

Diningtias, R., & Mahmudah, S. (2019). Metode Bercerita Berbasis Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Pengenalan Konsep Waktu pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3).

Hikmah, N. (2016). Peningkatan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas iv SDN 005 Samarinda Ulu. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 80–85.

Kelly, C. A. (2006). Using manipulatives in mathematical problem solving: A performance-based analysis. The Mathematics Enthusiast, 3(2), 184–193.

Mais, A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK): Buku Referensi Untuk Guru, Mahasiswa Dan Umum. Pustaka Abadi.

Mais, A. (2018). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. 192.

Putra, I. K. A. A. J., Suarsana, I. M., & Suharta, I. G. P. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MATERI PECAHAN UNTUK SISWA SMPLB TUNARUNGU DENGAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(2).

Rahmawati, T., & Suarsana, I. M. (2014). Analisis Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) B Negeri Singaraja. Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Peran MIPA Dan Pendidikan MIPA Dalam Pengembangan IPTEKS. Singaraja: FMIPA Undiksha.

Suarsana, I. M. (2019). Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru-Guru SD Gugus II Kecamatan Kubu. WIDYA LAKSANA, 8(2), 145–150.

Suarsana, I. M., Mahayukti, G. A., Sudarma, K., & Yoga, N. B. A. (2018). Development of Interactive Mathematics Learning Media on Statistics Topic for Hearing-impaired Student I Made Suarsana a. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 4(6), p. 55–66. https://doi.org/10.21744/irjeis.v4n6.377

Sugiarti, S. (2015). Upaya meningkatkan kosa kata anak tunarungu melalui media variasi gambar pada siswa kelas V/B di SLB Negeri Surakarta. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2015. Sebelas Maret University.

Yuwono, I., & Utomo, U. (n.d.). Pengembangan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Menghadapi Globalisasi Pendidikan Abad 21.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles