IbM PELATIHAN PENGELOLAAN SARANA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR BERBASIS LITERASI DI DESA BAKTISERAGA

I Nengah Martha, Ade Asih Susiari Tantri, I Putu Mas Dewantara, Made Sri Indriani, Gede Wira Bayu

Abstract


Kegiatan PkM ini dilakukan di SD Negeri 1 Baktisegara, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Mitra ini dipilih karena memiliki masalah, yaitu kemampuan pengelolaan sarana dan lingkungan sekolah yang belum berbasis literasi. Mengingat begitu pentingnya Gerakan Literasi Sekolah, salah satunya adalah mengelola sarana dan lingkungan sekolah yang kaya teks, maka kegiatan PkM berkaitan dengan pelatihan pengelolaan sarana dan lingkungan sekolah dasar berbasis literasi perlu dilakukan. Tujuannya adalah SD Negeri 1 Baktiseraga secara mandiri nantinya mampu mengelola dan mengembangkan sarana dan lingkungan yang kaya teks dan tujuan berikutnya siswa semakin meningkatnya semangat belajar dan minat baca siswa. Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini akan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) pelatihan pengelolaan sarana dan lingkungan sekolah berbasis literasi; 2) pendampingan pengelolaan sarana dan lingkungan sekolah berbasis literasi; dan 3) evaluasi dan refleksi kegiatan PkM. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah kepala SD N 1 Baktiseraga dan guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Saat diskusi guru sangat antusias bertanya terkait program yang dibuat. Setelah dilakukan kegiatan workshop, guru kemudian membuat program menata sarana dan lingkungan yang kaya literasi. Kegiatan ini didampingi secara online oleh para pengabdi.

Kata kunci: Sarana dan Lingkungan, Sekolah Dasar, Berbasis Literasi


Full Text:

PDF

References


Alfi, S. 2010. Optimalisasi Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa: Upaya Meretas Komunikasi Global. Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora. Volume 1, Desember 2010, 67-78.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965.

Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta:Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan literasi Sekolah Dasar. Pendidikan, 3(6), 810–817. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213.

Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. (P. . P. Pangesti Wiedarti, M.Appl.Ling. & D. Kisyani-Laksono, Eds.), Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. Retrieved from http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id/40/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SD.pdf.

Teguh, M. (2013). Gerakan Literasi Sekolah Dasar (pp. 18–26). Retrieved from http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2017/3 Mulyo Teguh.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jwl.v10i2.29848

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF file view : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



WIDYA LAKSANA is Published By:


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Telp. +62362-22928

Creative Commons License

Widya Laksana is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.