PENDAMPINGAN NAGARI DALAM PENCEGAHAN PENULARAN CORONA VIRUSDISEASE (COVID-19) DENGAN PROGRAM “K.S.N.H”(KNOWLEDGE, SPORTS, NUTRITION AND HEALTH) BERBASIS DIGITAL DI KENAGARIAN SINGKARAK KECAMATAN X KOTO SINGKARAK, KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Zulbahri Zulbahri
  • Yuni Astuti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.30077

Abstract

Masih banyaknya warga nagari Singkarak yang beraktifitas diluar rumah untuk menjalankan kegiatan perekonomian dan kegiatan lainnya menjadikan daerah ini termasuk rawan untuk terjangkitnya virus corona (COVID-19). Situasi dan kondisi nagari terkait penularan virus corona (covid-19) juga semakin mengkhawatirkan terkait karena banyaknya  perantau yang pulang kampung dari berbagai daerah  di dalam dan juga  dari luar negeri.

            Solusi untuk mencegah penularan virus coronadenganprogram “K.S.N.H”(knowledge, sports, nutrition and health) yaitu program peningkatan pengetahuan masyarakat terkait virus corona, pengembangan  berbagai bentuk olahraga, peningkatan pengetahuan dalam mengkonsumsi makanan yang bernutrisi  serta peningkatan kesehatan selama masa pandemi. Metode pelaksaan kegiatan ini meliputi; 1)  Rekrutmen peserta,  metode pendekatan yaitu dengan Participation Actions Learnig System (PALS), 3) pelaksanaan kegiatan.

Hasil kegiatan PKM ini yaitu Program PKM ini digagas secara digital. Pendampingan  nagari yang dimulai dengan sosialisasi ini dilaksankan dengan mematuhi protokol Covid 19, karena setiap peserta diberikan  masker, face shield dan hand sanitizer untuk perlindungan dari penularan covid 19. Dalam kegiatan yang dilangsungkan di Aula  Nagari Singkarak ini dihadiri oleh  80 orang peserta yang terdiri dari  Polsek X Koto singkarak, Kepala Sekolah dari tingkat PAUD sampai  dengan  tingkat SMA sederajat,  Kepala Jorong, Kader-Kader Nagari, Pemuda, PPN, Bundo Kanduang, Ibu-Ibu PKK, KAN, Panitia serta masyarakat dan organisasi lainnya.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles