PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA 4.0 UNTUK MENINGKATKAN INOVASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMP NEGERI 1 PAKIS KABUPATEN MALANG

Authors

  • Neni Wahyuningtyas Universitas Negeri Malang
  • Khofifatu Rohmah Adi Universitas Negeri Malang
  • Nurul Ratnawati Universitas Negeri Malang
  • M. Gebryna Rizki Nantana Universitas Negeri Malang
  • Ninik Yustina Sari Universitas Negeri Malang
  • Febty Andini Dwi Rosita Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.38772

Abstract

 

Perkembangan abad 21 memberikan tuntutan dan tantangan pada pencapaian kompetensi siswa. Pencapaian tujuan kompetensi generasi abad 21 diterapkan dalam kurikulum 2013 berbasis Teknologi Informasi (TI). Perkembangan TI yang pesat memberikan dorongan terhadap kebutuhan media pembelajaran yang inovatif. Keterampilan guru dalam penggunaan TI akan memberikan pengaruh besar dalam proses pembelajaran digital di sekolah. Permasalahan yang saat ini sering terjadi tidak semua guru mampu mengoperasikan media digital dengan baik. Salah satu sekolah yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran daring (jarak jauh) yaitu SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang. Sebagian besar guru disini merupakan guru sepuh yang mengalami kesulitan karena faktor usia. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini yaitu persiapan (analisis situasi dan kebutuhan), pelaksanaan dan evaluasi program. Peserta mendapatkan modul pelatihan untuk memudahkan dalam praktikum. Adapun indikator keberhasilan kegiatan ini dilihat dari respon positif peserta melalui evaluasi yang diberikan. Evaluasi kegiatan juga dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh peserta.

Kata kunci: Teknologi informasi, Inovasi pembelajaran, Media pembelajaran

References

(2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Riska, Harihanto, & Nurmanina, A. (2013). Studi tentang Penggunaan Internet oleh Pelajar (Studi pada Penggunaan Internet oleh Pelajar SMPN 1 Samarinda). Jurnal Sosiatri, 1(4), 37–49.

Rochmah, E., & Abdulmajid, N. W. (2018). Membangun Virtual Classroom melalui Social Learning Networks (SLNS). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 15–21.

Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, S., & Wike, W. (2020). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 625–630.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. 2(1), 40–52.

Downloads

Published

2022-02-19

Issue

Section

Articles