PENYEGARAN MATERI AJAR PECAHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GEOGEBRA BAGI GURU SD DI DESA GUBUG TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.38940Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan guru dalam pembelajaran pecahan dan penggunaan Geogebra. Peserta pelatihan masing- masing diwakili 3 orang guru dari masing-masing SD di desa Gubug Tabanan dan 1 orang pengawas. Jumlah peserta pelatihan yang hadir adalah 16 orang terdiri dari guru sebanyak 15 orang dan 1 orang kepala sekolah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui 2 kegiatan yakni pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilaksanakan melalui pemaparan materi pecahan dan Geogebra oleh narasumber, diskusi/tanya jawab, demontrasi penggunaan Geogebra dan pendampingan. Evaluasi dilakukan dengan tes dan proses. Hasil dari pelatihan dan pendampingani menunjukkan bahwa penguasaan materi pecahan, meningkat jika dibandingkan rata-rata skor pretest dan posttest. Peserta juga sangat antusias diskusi maupun mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan. Respon guru yang dijaring melalui angket tergolong positif. Dengan demikian kegiatan pengabdian ini tergolong berhasil.References
Alkhateeb, Ahmad,M and Al-Duwairi, A, M.. 2019. The Effect of Using Mobile Applications (GeoGebra and Sketchpad) on the Students’ Achievement. International Electronic Journal of Mathematics Education 14(3):523–33. doi: 10.29333/iejme/5754.
Arbain, Nazihatulhasanah, and Nurbiha A. Shukor. 2015. The Effects of GeoGebra on Students Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences 172(2007):208– 14. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.356.
Habinuddin, E., Sartika, E., Suryani, A., Murniati, S., & Binarto, A. 2016. Peningkatan Keterampilan Penggunaan Software Guru SMP Cimahi the Skill Improvement of Using Geogebra Software in Mathematics Learning for Junior High School (SMP) Teachers in Cimahi.Sigma-Mu, 8(1):7–16. Tersedia pada
Isik, C. & Kar, T. 2012. An Error Analysis in Division Problems in Fractions Posed by Pre-Service. Educational Sciences: Theory & Practice, 12(3): 2303-2309. Tersedia pada https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1000919.pdf
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Badan PSDMPK-PMP, Jakarta
Mthethwa, Mthembeni, Bayaga, A., Bossé, M. J. and Williams, D. 2020. Geogebra for Learning and Teaching: A Parallel Investigation. South African Journal of Education, 40(2):1–12. doi: 10.15700/saje.v40n2a1669.
Nuraini, N.L.S., Suhartono, & Yuniawatika. 2016. Kesalahan Siswa pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2): 168 – 175, http://dx.doi.org/10.17977/um009v25 i22016p168.
Priwantoro, Soffi Widyanesti, Syariful Fahmi, and Dian Ariesta Y. 2019. Pelatihan Peningkatan Kemampuan It Bagi Guru Matematika Menggunakan Geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2):203. Tersedia pada doi: 10.25273/jta.v4i2.4847.
Pujiati dan Agus S. 2011. Pembelajaran FPB dan KPK di SD. P4TK Matematika, Yogyakarta.
Saputro, B.A. 2016. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Belajar Operasi Pecahan Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1): 63 – 72. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1 .981.
Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA, Bandung:
Sukayati dan Marfuah. 2009. Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan pembagian Pecahan di SD. P4TK Matematika, Yogyakarta:.
Zengin, Y. 2017. The Effects of GeoGebra Software on Pre-Service Mathematics Teachers’ Attitudes and Views toward Proof and Proving. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(7):1002–22.
Zulnaidi, H., & Oktavika, E. 2018. The Effect of Geogebra onStudents’ Misconceptions of Limit Function Topic. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 6(1), 1-6. Tersedia pada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)