PELATIHAN DAN BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN USAHA KERIPIK ENAK KEMBANGSARI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.39140Abstract
Pada situasi pandemi Covid-19 saat ini, home industry menjadi salah satu alternatif untuk menambah pendapatan rumah tangga. “Keripik Enak Kembangsari” merupakan salah satu industri rumah tangga yang berlokasi di Banjar Kembangsari, Desa Satera, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli-Bali. Secara umum, permasalahan utama yang dialami home industry “Keripik Enak Kembangsari” berhubungan dengan sumber daya manusia (tenaga kerja). Melalui pelatihan dan bimbingan teknis manajemen usaha diharapkan keterampilan mitra meningkat dalam hal merancang branding kemasan, menyusun strategi bisnis, dan membuat pembukuan modern. Evaluasi pelaksanaan pelatihan berupa evaluasi terhadap keterampilan mitra dalam aspek manajemen usaha. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan peserta dalam merancang branding kemasan, menyusun strategi bisnis, dan membuat pembukuan modern berturut-turut yaitu 4,2;3,9 dan 3,7 yang berada pada kategori baik
References
Cenadi, C.S. 2000. Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Nirmala. 2(1), 92-103.
Irrubai, M.L. 2015. Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi. Ed. 13, 15-30.
Batlajery, S. 2016. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial. 7(2). 135-155.
Ananda, R. 2016. Peran Home Industri dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industry Keripik di Kelurahan Kubu Gadang). JPM FISIP Vol. 3(2),1-14.
Putri, D.D.P, Mulyani, A., dan Satriani, R. 2012. Strategi Pemasaran Keripik Pisang dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan di Kecamatan
Cilongok, Kabupaten Banyumas. SEPA. 8(2), 162-167.
Rahmayuni, S. 2017. Analisis Komparasi Proses Laporan Keuangan secara Manual dan Menggunakan Aplikasi Komputer Akuntansi. SNITT-
Politeknik Negeri Balikpapan, 148-152.
Faruq, M.A. 2014. Penyusunan Strategi Bisnis dan Strategi Operasi Usaha Kecil dan Menengah pada Perusahaan Konveksi Scissors di Surabaya Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 7(3), 173-198
Singh, Veron, Jackson, & Cullinane. 2008. Blogging: A New Play in Your Marketing Game Plan. The Business Horizons, 51, 281-292.
Kaplan, & Haenheim, M. 2010. Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. The Business Horizons, 53, 59-68.
Kaplan, & Haenhein, M. 2012. Invited Comment on The Theme of the Special Issue Social Media: Back to the Roots and Back to the Future. Journal of Systems and Information Technology, 14(2), 101-104.
Solikah, M., Astuti, P., & Paramitha, D.A. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wirausahawan Terhadap Pentingnya Pembukuan dan Laporan Keuangan. Jurnal Ekonomi dan Akuntansi FE. 2(1), 12-21.
Wulandari, W., & Sodik. 2019. Manajemen untuk Usaha Kecil. Malang: Badan Penerbitan Universitas Widyagama Malang.
Wicaksono, G., & Pamungkas, T.S. 2020. Pelatihan Manajemen Usaha dan Pengelolaan Keuangan pada Kelompok Tani Kopi Desa Solor Kabupaten Bondowoso. Jurnal Abdimas Mahakam, 4(1), 78-83.
Sohidin & Kristanto, E. 2017. Pelatihan Manajemen Usaha dan Sistem Informasi Akuntansi pada UMKM Clothing di Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 3(2), 1-9.
Santoso, A., Witjaksono, & Kurniawati, E. 2020. Pelatihan Manajemen Usaha dan Pembuatan Merk. Journal of Appropriate Technology for Community Service. 1(1), 14-20.
Septyanto, D., & Hendrani, A. 2017. Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Usaha Kecil dan Menengah di Lingkungan Kelurahan Paninggilan. Jurnal Abdimas. 3(2), 59-64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)