PENGEMBANGAN PAKET WISATA EDUKASI TENUN ENDEK DARI HULU HINGGA HILIR DI DESA SINABUN

Authors

  • I Wayan Karyasa Universitas Pendidikan Ganesha http://orcid.org/0000-0002-6292-6859
  • Made Agus Wijaya FOK Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Putu Banu Astawa FE Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.39319

Keywords:

kerajinan tenun endek, desa wisata, paket wisata edukasi

Abstract

Pengembangan paket wisata edukasi tenun endek merupakan salah satu kegiatan dalam Program Desa Binaan Merintis Desa Wisata Tenun Endek di Desa Sinabun. Tujuan dari tulisan ini adalah membahas potensi dan kendala yang dihadapi masyarakat Desa Sinabun dalam mengembangkan paket wisata tenun endek dari hulu hingga hilir. Pendekatan partisipatif dengan konsep belajar di masyarakat diterapkan dalam menggali potensi, persoalan dan solusi dalam mengembangkan paket wisata tenun endek dengan melibatkan tokoh-tokoh kunci Desa Sinabun. Sedangkan metode yang diterapkan dalam program ini adalah metode pemberdayaan masyarakat partisipatif dengan mengadopsi model 7D dari Dharmotharan. Hasil kegiatan berupa peta potensi, peta kendala, dan alternatif-alternatif solusi yang dijadikan landasan dalam menyusun rencana induk pengembangan desa wisata tenun endek dari hulu hingga hilir. Pembelajaran bersama yang diperoleh adalah komitmen dukungan untuk membangun secara berkelanjutan desa wisata melalui rintisan paket wisata tenun endek sebagai daya ungkitnya.

Author Biography

I Wayan Karyasa, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

References

riasa, A. 2019. Membagkitkan, Endek dan Songket Buleleng.

https://disnaker.bulelengkab.go.id/berita/membagkitkanendek-dan-songket-buleleng-61

Bank Data Kecamatan Sawan, (2018). Kecamatan Sawan dalam Angka 2018. https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/bank_data/kecamatan-sawan-dalam-angka-2018-32

Karyasa, I. W., Astawa, I. G. P. B., Pradnyana, I. G. A., & Oviantari, M. V. (2021). Menguatkan Branding Tenun Endek Khas Buleleng Melalui Revitalisasi Pewarnaan Dengan Fiksator Nanopasta Anorganik Berbahan Abu Vulkanik Gunung Agung. Widya Laksana,10(2), 117-125.

Karyasa, I W. (2018) Belajar Di Masyarakat: Sebuah Konsep Dalam Meningkatkan Mutu Pengabdian Kepada Masyarakat, Makalah Keynote Speaker, Prosiding Senadimas 3, 874-879.

Wibisono, A. 2020. Artha Dharma Kluster Binaan BI Tampilkan Pesona Tenun Khas Buleleng. Patroli Post. 11 Januari 2020. https://www.patrolipost.com/19233/artha-dharma-kluster-binaan-bi-tampilkan-pesona-tenun-khas-buleleng/

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles