Pendampingan dan Pelatihan Penyusunan Modul yang Kreatif dan Inovatif Bagi Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemik Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.44547Keywords:
pembelajaran daring, modul kreatif, guru sekolah dasarAbstract
Berdasarkan angket kesulitan guru dalam menyusun modul dan wawancara Kepala SD/KS Muhammadiyah Ambarketawang 1 Gamping Sleman Yogyakarta, diketahui bahwa 5% guru menyatakan sangat sulit, 56% merasa sulit, 37% merasa mudah, dan 3 % tidak menjawab. Berdasarkan permasalahan tersebut maka KS mengajukan permohonan pelatihan dan pendampingan penyusunan modul daring yang kreatif dan inovatif melalui Surat Permohonan bernomor 007/SDM.A1/XII/2020 tertanggal 3 Desember 2020. Kegiatan pendampingan dan pelatihan dilakukan pada 10 Januari 2021 dan kedua pada 20 Mei 2021. Peserta kegiatan adalah 17 guru. Sebanyak 5 guru berhasil menyusun modul hingga selesai dan sisanya tidak dapat menyelesaikan modul dengan alasan kesibukan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran daring. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) 80% modul guru memenuhi kriteria baik sekali dan 20% modul guru memenuhi kriteria baik, (2) 20% modul guru hanya melakukan penilaian kognitif saja, 40% modul guru hanya mengukur ranah kognitif dan psikomotor dan 20% modul guru mengukur ranah kognitif dan afektif.
References
Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Tentang Pentingnya Strategi Belajar.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Endang, Widjajanti. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan Judul Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan bagi Guru SMK/MAK: FMIPA UNY. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms dr/kualitas-lks.pdf. pada tanggal 18 Februari 2016
Giantari, D. N. (2020). PENERAPAN MODUL DARING BERBASIS THINK PAIR SHARE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Juniantari, M., Santyadiputra, G. S., & Tirtayani, L. A. (2021). Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Media Adaptif bagi Guru-Guru SLB Negeri 1 Klungkung. WIDYA LAKSANA, 10(1), 66-72.
Martha, I. N., Tantri, A. A. S., Dewantara, I. P. M., Indriani, M. S., & Bayu, G. W. (2021). IbM PELATIHAN PENGELOLAAN SARANA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR BERBASIS LITERASI DI DESA BAKTISERAGA. WIDYA LAKSANA, 10(2), 149-156.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492.
Peradhayana, W. S., Wardika, I. W. G., Putra, I. K. A., Putra, I. P. S. A., Setiawan, I. M. D., & Putri, N. W. S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE OPEN SOURCE GEOGEBRA DAN SCREEN RECORDER BAGI GURU-GURU SD NEGERI 17 KESIMAN. WIDYA LAKSANA, 10(2), 157-170.
Kamalasari, A. F., Sukestiyarnob, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 60-63).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020
Pitaloka, E., & Prasetio, T. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan Rumah Tangga Di Lingkungan RPTRA Asthabrata. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 221-230.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176-186.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Salamah, I., Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. D. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52-62.
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2019). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-117.
Undang-Undang (2005). Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)