Pendampingan dan Pelatihan Penyusunan Modul yang Kreatif dan Inovatif Bagi Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Dhiniaty Gularso Universitas PGRI Yogyakarta
  • Selly Rahmawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Darsono Darsono Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.44547

Keywords:

pembelajaran daring, modul kreatif, guru sekolah dasar

Abstract

Berdasarkan angket kesulitan guru dalam menyusun modul dan wawancara Kepala SD/KS Muhammadiyah Ambarketawang 1 Gamping Sleman Yogyakarta, diketahui bahwa 5% guru menyatakan sangat sulit, 56% merasa sulit, 37% merasa mudah, dan 3 % tidak menjawab. Berdasarkan permasalahan tersebut maka KS mengajukan permohonan pelatihan dan pendampingan penyusunan modul daring yang kreatif dan inovatif melalui Surat Permohonan bernomor 007/SDM.A1/XII/2020 tertanggal 3 Desember 2020. Kegiatan pendampingan dan pelatihan dilakukan pada 10 Januari 2021 dan kedua pada 20 Mei 2021. Peserta kegiatan adalah 17 guru. Sebanyak 5 guru berhasil menyusun modul hingga selesai dan sisanya tidak dapat menyelesaikan modul dengan alasan kesibukan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran daring. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa (1) 80% modul guru memenuhi kriteria baik sekali dan 20% modul guru memenuhi kriteria baik, (2) 20% modul guru hanya melakukan penilaian kognitif saja, 40% modul guru hanya mengukur ranah kognitif dan psikomotor dan 20% modul guru mengukur ranah kognitif dan afektif.

References

Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Tentang Pentingnya Strategi Belajar.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Endang, Widjajanti. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan Judul Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan bagi Guru SMK/MAK: FMIPA UNY. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms dr/kualitas-lks.pdf. pada tanggal 18 Februari 2016

Giantari, D. N. (2020). PENERAPAN MODUL DARING BERBASIS THINK PAIR SHARE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Juniantari, M., Santyadiputra, G. S., & Tirtayani, L. A. (2021). Pelatihan Perancangan, Pembuatan, dan Penggunaan Media Adaptif bagi Guru-Guru SLB Negeri 1 Klungkung. WIDYA LAKSANA, 10(1), 66-72.

Martha, I. N., Tantri, A. A. S., Dewantara, I. P. M., Indriani, M. S., & Bayu, G. W. (2021). IbM PELATIHAN PENGELOLAAN SARANA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR BERBASIS LITERASI DI DESA BAKTISERAGA. WIDYA LAKSANA, 10(2), 149-156.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480-492.

Peradhayana, W. S., Wardika, I. W. G., Putra, I. K. A., Putra, I. P. S. A., Setiawan, I. M. D., & Putri, N. W. S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE OPEN SOURCE GEOGEBRA DAN SCREEN RECORDER BAGI GURU-GURU SD NEGERI 17 KESIMAN. WIDYA LAKSANA, 10(2), 157-170.

Kamalasari, A. F., Sukestiyarnob, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 60-63).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 4 Tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020

Pitaloka, E., & Prasetio, T. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan Rumah Tangga Di Lingkungan RPTRA Asthabrata. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 221-230.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg And Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176-186.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Salamah, I., Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. D. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52-62.

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2019). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-117.

Undang-Undang (2005). Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles