PELATIHAN MENYUSUN INSTRUMEN ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA GURU-GURU SD DI KECAMATAN SIMO BOYOLALI

Authors

  • Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti Universitas Sebelas Maret
  • Sri Marmoah Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.45588

Keywords:

asesmen pembelajaran, asesmen berbasis proyek, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan  kepada guru-guru sekolah dasar dalam menyusun instrumen asesmen pembelajaran berbasis proyek agar dapat diimplementasikan  dalam kegiatan pembelajaran baik secara daring maupun luring. Pelatihan ini dilaksanakan di kecamatan Simo Boyolali melibatkan guru-guru Sekolah Dasar dan kepala sekolah beserta anggota tim pengabdian. Metode yang digunakan antara lain: ceramah menjelaskan konsep-konsep asesmen dan tahapan menyusun instrumen asesmen berbasis proyek, tanya jawab, diskusi kelompok, praktek  membuat instrumen, dan persentasi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui beberapa tahapan antara lain tahap perencanaan, pelaksanaan, pendampingan dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan guru guru menyusun instrumen asesmen berbasis proyek sangat baik ada peningkatan 13.15% dari sebelum diadakan pelatihan dengan setelah diadakan pelatihan dan  tingkat partisipasi guru-guru mengikuti kegiatan pelatihan secara keseluruhan cukup baik, 70% peserta pelatihan berpartisipasi dengan baik dalam mengikuti kegiatan pelatihan.

 

References

Arezqi Tunggal Asmana, (2018). Pengembangan Rubrik Analitik Untuk Asesmen Komunikasi Matematika Tertulis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.5, No.1, hal 64-77 Agustus 2018.https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/viewFile/26028/18246

Andrew Miller. (2011) Criteria for Effective Assessment in Project-Based Learning https://www.edutopia.org/profile/andrew-miller

Bethany A. Clark, (2017). Project Based Learning: Assessing and Measuring Student Participation. University of Nebraska - Lincoln Digital Commons@University of Nebraska -– Lincoln https://www.researchgate.net/publication 316267350_Project_Based_Learning_Assessing_and_Measuring_Student_Participation

Endah Nuraini Hamdani, (2018). Metode Pelatihan Training For Trainer PPM Manajemen. Balai pelatihan dan Aparatur.https://kkp.go.id/brsdm/bdasukamandi/artikel/8635-jenis-jenis-metode-pelatihan-yang-interaktif

Jorge Valenzuela. (2022) A simple Tool for Aligning instruction and assessment https://www.edutopia.org/article/simple-tool-aligning-instruction-and-assessment

Kitula, P. R., & Ogoti, E. O. (2016). Effectiveness of implementing continuous assessments in Tanzanian universities. International Journal of Contemporary Applied Researches, 5(7), 1–18 http://www.ijcar.net/

Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta

Nani Sintiawati, Saktika Rohmah Fajarwati, (2019). Partisipasi Orang Dewasa dalam Sebuah Pelatihan. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, https://vm36.upi.edu/index.php/IJACE/article/download/20005/10156 Panduan Penilaian Pada Sekolah Dasar”, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Tahun 2015.

Sulaiman, et all. (2020). Malaysian Public University Lectures’ Perceptions and Practices of Formative and Alternative Assessments. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. Vol. 19, No. 5, pp. 379-394, May 2020https://doi.org/10.26803/ijlter.19.5.23

Stears, M., & Gopal, N. (2018). Exploring alternative assessment strategies in science classrooms. South African Journal of Education, 30(4), 591–604.doi:10.15700/saje.v30n4a390http://dx.doi.org/10.15700/saje.v30n4a390

Susilowati, A. (2018). Pengaruh PBL terhadap kemandirian belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 72-77. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.9392

Wayan Widiana, (2018). pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 5, No.2, Oktober 2016 https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Wahyuni dan Ibrahim. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama

Windy Franola Sine, (2021). Hubungan Penggunaan Asesmen Berbasis Project Terhadap Kemandirian Belajar Murid Di Sekolah Dasar Teologi Kristen Pelangi Kristus Surabaya. ALETHEIA Christian Educators Journal, Vol 2 No 2 (2021): OKTOBER2021.https://doi.org/10.9744/aletheia.2.2.157163

Yaron Doppelt. (2003). Implementation and Assessment of Project-Based Learning in a Flexible Environment. https://link.springer.com/journal/10798

Yan, Z., & Cheng, E. C. (2015). Primary teachers' attitudes, intentions, and practices regarding formative assessment. Teaching and Teacher Education, 45, 128-136. http://dx.doi.org/10.1016/j.tate.2014.10.002

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles