Rebranding dan Pembuatan Web Profile Produk Jahe Merah Produk Jamu Wedang Jempol Blitar

Authors

  • Made Hanindia Prami Swari UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Chrystia Aji Putra UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Aileena Solicitor UPN "Veteran" Jawa Timur
  • I Kadek Susila Satwika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.48884

Keywords:

jamu, jahe merah, wedang jempol, desain, web profile

Abstract

Strategi promosi merupakan kunci utama dalam mendongkrak hasil penjualan produk, baik dengan cara mendesain kemasan produk dengan menarik maupun menggunakan media pemasaran digital untuk memperluas pangsa pasar. Pengabdian kepada masyarakat pada kegiatan ini dilakukan dengan membuat desain label dan kemasan yang memenuhi standar minimal label serta pembuatan sebuah web profile untuk memperkenalkan produk wedang jempol produksi industri rumahan Bu Shobah yang memiliki kualitas produk baik dari sisi komposisi bahan baku pembuatan jamu. Berdasarkan hasil uji pasar yang dilakukan pada kegiatan Blitar Jadoel, hasil penjualan belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat kompetitor yang menjual produk serupa dengan harga lebih murah. Harga penjualan relatif tinggi selain karena komposisi bahan dasar jahe merah yang digunakan dalam membuat produk relatif banyak, juga bahan sticker yang digunakan pada pounch cenderung menghabiskan biaya cukup mahal karena menggunakan sticker vinyl. Pembuatan label baru dan Web Profile dapat bermanfaat sebagai sarana promosi digital untuk menunjukkan kualitas dari produk wedang jempol Bu Shobah. 

References

Goi, C. L., & Goi, M. T. (2011). Review on Models and Reasons of Rebranding. International Conference on Social Science and Humanity. Singapore.

Rumijati, A., Asfiah, N., & Fuadiputra, I. R. (2021). Rebranding untuk Meningatkan Nilai Tambah Produk di Kelompok Usaha Mikro Olahan Susu pada Ikatan Pengusaha 'Aisyiyah (IPAS). Jurnal Budimas, 54-61.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi , 206-217.

Tim PKM, 2. (2018). Modul Labeling dan Packaging. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327-337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles