Rebranding dan Pembuatan Web Profile Produk Jahe Merah Produk Jamu Wedang Jempol Blitar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.48884Keywords:
jamu, jahe merah, wedang jempol, desain, web profileAbstract
Strategi promosi merupakan kunci utama dalam mendongkrak hasil penjualan produk, baik dengan cara mendesain kemasan produk dengan menarik maupun menggunakan media pemasaran digital untuk memperluas pangsa pasar. Pengabdian kepada masyarakat pada kegiatan ini dilakukan dengan membuat desain label dan kemasan yang memenuhi standar minimal label serta pembuatan sebuah web profile untuk memperkenalkan produk wedang jempol produksi industri rumahan Bu Shobah yang memiliki kualitas produk baik dari sisi komposisi bahan baku pembuatan jamu. Berdasarkan hasil uji pasar yang dilakukan pada kegiatan Blitar Jadoel, hasil penjualan belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat kompetitor yang menjual produk serupa dengan harga lebih murah. Harga penjualan relatif tinggi selain karena komposisi bahan dasar jahe merah yang digunakan dalam membuat produk relatif banyak, juga bahan sticker yang digunakan pada pounch cenderung menghabiskan biaya cukup mahal karena menggunakan sticker vinyl. Pembuatan label baru dan Web Profile dapat bermanfaat sebagai sarana promosi digital untuk menunjukkan kualitas dari produk wedang jempol Bu Shobah.
References
Goi, C. L., & Goi, M. T. (2011). Review on Models and Reasons of Rebranding. International Conference on Social Science and Humanity. Singapore.
Rumijati, A., Asfiah, N., & Fuadiputra, I. R. (2021). Rebranding untuk Meningatkan Nilai Tambah Produk di Kelompok Usaha Mikro Olahan Susu pada Ikatan Pengusaha 'Aisyiyah (IPAS). Jurnal Budimas, 54-61.
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi , 206-217.
Tim PKM, 2. (2018). Modul Labeling dan Packaging. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327-337). Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)