Pemberdayaan Strategi Synchronous dan Asynchronous Berlandaskan Nilai Aneka-Tri Kaya Parisudha Dalam Upaya Mewujudkan Pembelajaran Hots, Inovatif dan Berkarakter
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.48899Keywords:
PKM,, Synchronous-Asynchronous, ANEKA, Tri Kaya Parisudha, HOTS, Inovatif, BerkarakterAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk PKM (Program Kemitraan Masyarakat) pada beberapa SMK TI di Kecamatan Mengwi ini ialah untuk memberdayakan strategi synchronous dan asynchronous berlandaskan nilai ANEKA-Tri Kaya Parisudha dalam upaya mewujudkan pembelajaran HOTS, inovatif dan berkarakter. Kegiatan PKM ini dilakukan di salah satu SMK pusat keunggulan di Kecamatan Mengwi yaitu SMK PGRI 2 Badung. Beberapa peserta yang terlibat dalam kegiatan PKM ini sebanyak 30 guru yang berasal dari beberapa SMK TI yang ada di Kecamatan Mengwi. Waktu pelaksanaan PKM ini adalah selama 1 minggu. Pelaksanaan PKM ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan unjuk kerja dalam serangkaian pelatihan/workshop. Hasil dari PKM ini menampilkan adanya tingkat efektivitas pemahaman dan keterampilan peserta setelah memperoleh materi workshop.
References
Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H. (2020). Design of Blended Learning Based on Tri Kaya Parisudha Using Kelase Platform in Realizing Hybrid-Superitem Learning in Mathematics Lessons. International Journal of Instruction, 13(3), 679-698.
Ariawan, I. P. W., Simatupang, W., Ishak, A. M., Agung, A. A. G., Suratmin, Adiarta, A., & Divayana, D. G. H. (2018). Development of ANEKA Evaluation Model Based on TOPSIS in Searching the Dominant Aspects of Computer Learning Quality Determinants. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(19), 6580-6596.
Budiman, A. (2020). Aktualisasi Nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi) Dalam Prespektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 87-93.
Budiyanti, R. T. (2021). Penggunaan Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Smart Society Empowerment Journal, 1(2), 42-48.
Dewi, A. P. N. A., & Atmadja, A. T. (2021). Pengaruh Konsep Tri Kaya Parisudha, Keefektifan Pengendalian Internal, Persepsi Kesesuaian Kompensasi dan Implementasi Good Corporate Governance Terhadap Kecenderungan Kecurangan (Fraud) Pada Lembaga Perkreditan Desa di Kabupaten Karangasem. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 12(3), 852-864.
Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., & Adiarta, A. (2020). Dissemination and Implementation of THK-ANEKA and SAW-Based Stake Model Evaluation Website. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(9), 426-436.
Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., Adiarta, A., Parmiti, D. P., Mahendra, I. W. E., & Parmithi, N. N. (2018). Development of ANEKA-Based Countenance Model Integrated with Tri Hita Karana-SAW in Evaluating Student’s Character and Quality of Computer Learning in Bali. Journal of Engineering and Applied Sciences, 13(15), 6303-6315.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 5(3), 149-157.
Divayana, D. G. H., Sudirtha, I. G., & Gading, I. K. (2020). Application Design of Countenance Evaluation Based on Tri Hita Karana-Aneka for Evaluating the Students’ Computer Capability and Students’ Character. Cogent Psychology, 7, 1-18.
Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 61-68.
Haryani, T. N., & Nurcahyono, O. H. (2018). Knowledge, Attitude, Practice (KAP) Aparatur Sipil Negara dalam Implementasi Nilai Dasar Pegawai. Jurnal SAWALA, 6(1), 73-81.
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 6-10.
Irsan, Nurmaya, G. A. L., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412-1417.
Jatmiko, B. (2022). Pelatihan Optimalisasi Media Pembelajaran Daring untuk Menunjang Synchronous dan Asynchronous Learning System. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 20-29.
Khasanah, Nasan, E., & Jus’aini. (2021). Efektifitas Media Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 47-65.
Maryansyah Y. (2016). An Analysis on Readability of English Reading Texts fFor Grade IX Students at MTSN 2 Kota Bengkulu. Premise Journal, 5(1), 69-88.
Narayana, I. W. G. (2016). Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 139-144.
Nora, A. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Remaja di SMAN 101 Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 3(2), 48-53.
Pustikayasa, I. M. (2021). Optimasi Zoom Meeting Sebagai Media Pembelajaran Virtual Synchronous. Tampung Penyang: Jurnal Ilmu Agama dan Budaya Hindu, 19(2), 140-149.
Subekan, A., & Iskandar, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Nilai Dasar ‘ANEKA’ Terhadap Pembentukan Sikap Peserta Latsar CPNS Pada Balai Diklat Keuangan Malang. Jurnal Pendidikan, 20(2), 91-110.
Sugita, I. W. (2017). Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Tri Kaya Parisudha. SEMADI 2, 35-49.
Razak, M. R. R., Dahong, M., Ahmad, J., Dema, H., & Mustani, A. (2018). The Effect of Siri’s Marriage on Government Administration. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 42(3), 171-184.
Rindawan, I. K. (2016). Sanksi Pacamil di Desa Blahbatuh Gianyar Ditinjau Dari Pendidikan Karakter. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 2016, 152-159.
Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2018). Pengembangan Buku Digital Mata Kuliah Asesmen Dan Evaluasi Berbasis Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 222-233.
Wahyuningsih, D., & Sungkono. (2017). Peningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Komunikasi Asynchronous di Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 227-237.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)