PELATIHAN PEMBINA PRAMUKA DI MADRASAH ISLAMIYAH PEKAN DOLOK MASIHUL

Authors

  • M. Faisal Ansari Nasution Universitas Negeri Medan
  • Budi Valianto Universitas Negeri Medan
  • Puji ratno Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan
  • Mesnan Universitas Negeri Medan
  • M. Irfan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.53668

Keywords:

pembina, pramuka, madrasah

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada guru madrasah Islamiyah Pekan Dolok Masihul menjadi Pembina pramuka dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah tersebut. Pembina pramuka    menjadi faktor utama dalam melaksanakan kegiatan di setiap sekolah. Kegiatan ekstarkurikuler pramuka sendiri adalah kegiatan wajib yang harus dilaksanakan di setiap sekolah. Kegiatan pelatihan pembina pramuka dilaksanakan di Madrsah Islamiyah Pekan Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul. Kegiatan pelatihan pembina pramuka adalah salah satu upaya perguruan tinggi khususnya dosen dalam mengaplikasikan keilmuannya kepada masyarakat. Metode kegiatan ini meliputi observasi awal, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah 4 orang pembina pramuka yang sudah mengikuti dan lulus kursus mahir dasar (KMD) pramuka, sebagai syarat utama menjadi pembina pramuka yang kompeten dalam kegiatan latihan pramuka.

References

Andri Bob Sunardi (20130. BOYMAN Ragam Latihan Pramuka, Bandung, Nuansa Muda

Adnyani, Kadek Eva Krishna, et al. "Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Powtoon Bagi Guru Bahasa Jepang Sma/Smk Di Kabupaten Buleleng." WIDYA LAKSANA 9.2 (2020): 150-156.

DP2M Dikti (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Edisi XI.

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara, 2015. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan. Medan, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta

Pusdiklatda Sumatera Utara (2013). Buku Panduan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar. Medan

Prastya, Ade Hindhu, Gede Hendri Ari Susila, and Ni Nyoman Suastini. "PELATIHAN SPORT MASSAGE PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BULELENG-BALI." WIDYA LAKSANA 8.2 (2019): 175-180.

Ramadan,. 2015. Belajar Mudah Pramuka Buku Panduan Pembina. Medan. Larispa.

Satya Nugraha, 2000. Panduan Lengkap Pramuka. Jakarta. Pustaka Mahardika.

Widyaningsih, Wahyu, and Iis Wahyuningsih. "Pelatihan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah 2 dan 3 Yogyakarta." WIDYA LAKSANA 7.1 (2018): 100-105.

Zubair Ahmad,. 2014. SATYA Ragam Intisari Kepramukaan Super Lengkap. Medan, Perdana Publishing

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles