PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENERAPAN VIDEO ANIMASI SATUA BALI DI SD NEGERI 1 BAKTISERAGA, SINGARAJA

Authors

  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Bagus Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sukadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.53873

Keywords:

nilai karakter, pembelajaran, video animasi, satua Bali

Abstract

Pendidikan karakter menjadi kemudi dan kekuatan suatu bangsa agar tetap eksis di mata bangsa dan negara-negara lain. Dalam rangka penanaman karakter institusi pendidikan sangat berperan satrategis. Menjadi kewajiban pihak sekolah untuk selalu berupaya, berkreasi, dan berinovasi dalam penanaman karakter kepada anak didik. Sekolah menjadi salah satu tempat yang sangat strategis dalam menanamkan karakter. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah 1)  untuk mengetahui nilai karakter melalui video animasi satua Bali dalam pembelajaran kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Baktiseraga, 2) Mengetahui aktivitas dan prestasi siswa dalam penerapan video animasi satua Bali dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Baktiseraga. Metode yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah: ceramah, diskusi, dan praktik pembelajaran. Subjek sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 28 orang. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) Video animasi satua Bali mengandung nila-nilai karakter seperti: jujur, rajin, mandiri, kerja keras, disiplin. Prestasi siswa dalam pembelajaran melalui video animasi terjadi peningkatan dari sebelumnya rata-rata 8,70 menjadi 9,10. Aktivitas siswa khususnya dalam menyampaikan pendapat juga terjadi peningkatan dari 16 orang siswa (55%) meningkat menjadi 23 orang siswa ( 85%).   

Kata-kata kunci:  video animasi satua Bali, nilai karakter dalam pembelajaran

 

Author Biography

Dewa Gede Firstia Wirabrata, Universitas Pendidikan Ganesha

Psikolog dan Dosen PG PAUD FIP Undiksha

References

Anom, dkk. 2009. Kamus Bali Indonesia Beraksara Latin dan Bali. Denpasar: Kerjasama Dinas Kebudayaan Kota Denpasar dengan Badan Pembinaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali Provinsi Bali.

Ardianto, Tuhana Taufik. 2011. Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Center for Indonesia Civic Education/CICED. 1999. Democratic Citizens in a Civic Society Report of The Conference on Civic Education For Civic Society, Bandung: CICED.

Erfan, P. 2011. Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran sebagai salah satu wujud Profesionalisme Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 30 (edisi khusus), p. 179.

Kemdikbud. 2011. Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kertajaya. (2010). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia.

Kertajaya. 2010. Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia.

Koesoema, A. Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Parmini, Ni Putu. 2015. Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan

Karakter Siswa Sekolah Dasar di Ubud. Jurnal Kajian Budaya, Volume 05, Nomor 02, Oktober 2015

Permendikbud. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, D.B., Sukadi, Dw Gd. Firstia W, Dewa Ayu Puteri. H. (2021) Insersi Satua Bali dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Penanaman dan Penguatan Nilai Karakter di SDNegeri 1 Baktiseraga, dan SD Negeri 1 Banjar Tegal. Laporan Pengabdian. Singaraja.

Sanjaya, Dewa Bagus, Made Ardana, Ni Wayan Arini. 2018. Model Pembelajaran Karakter Berbasis Satua dalam Pembelajaran PKn untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar di Provinsi Bali. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.

Sukadi, Dewa Sanjaya, Wayan Kertih. 2011. Belajar dan Pembelajaran sebagai Yadnya. Buku Panduan Guru. Singaraja: Undiksha.

Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.

Widodo, Bambang. 2017. Biografi: Dari Swardi Suryaningrat Sampai Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Makalah Seminar. Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dari Politik ke Pendidikan.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles