PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENERAPAN VIDEO ANIMASI SATUA BALI DI SD NEGERI 1 BAKTISERAGA, SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.53873Keywords:
nilai karakter, pembelajaran, video animasi, satua BaliAbstract
Pendidikan karakter menjadi kemudi dan kekuatan suatu bangsa agar tetap eksis di mata bangsa dan negara-negara lain. Dalam rangka penanaman karakter institusi pendidikan sangat berperan satrategis. Menjadi kewajiban pihak sekolah untuk selalu berupaya, berkreasi, dan berinovasi dalam penanaman karakter kepada anak didik. Sekolah menjadi salah satu tempat yang sangat strategis dalam menanamkan karakter. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah 1) untuk mengetahui nilai karakter melalui video animasi satua Bali dalam pembelajaran kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Baktiseraga, 2) Mengetahui aktivitas dan prestasi siswa dalam penerapan video animasi satua Bali dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Baktiseraga. Metode yang dipergunakan dalam kegiatan ini adalah: ceramah, diskusi, dan praktik pembelajaran. Subjek sasaran dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 28 orang. Hasil dari kegiatan ini adalah (1) Video animasi satua Bali mengandung nila-nilai karakter seperti: jujur, rajin, mandiri, kerja keras, disiplin. Prestasi siswa dalam pembelajaran melalui video animasi terjadi peningkatan dari sebelumnya rata-rata 8,70 menjadi 9,10. Aktivitas siswa khususnya dalam menyampaikan pendapat juga terjadi peningkatan dari 16 orang siswa (55%) meningkat menjadi 23 orang siswa ( 85%).
Kata-kata kunci: video animasi satua Bali, nilai karakter dalam pembelajaran
References
Anom, dkk. 2009. Kamus Bali Indonesia Beraksara Latin dan Bali. Denpasar: Kerjasama Dinas Kebudayaan Kota Denpasar dengan Badan Pembinaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali Provinsi Bali.
Ardianto, Tuhana Taufik. 2011. Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Center for Indonesia Civic Education/CICED. 1999. Democratic Citizens in a Civic Society Report of The Conference on Civic Education For Civic Society, Bandung: CICED.
Erfan, P. 2011. Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran sebagai salah satu wujud Profesionalisme Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 30 (edisi khusus), p. 179.
Kemdikbud. 2011. Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kertajaya. (2010). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia.
Kertajaya. 2010. Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia.
Koesoema, A. Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Parmini, Ni Putu. 2015. Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan
Karakter Siswa Sekolah Dasar di Ubud. Jurnal Kajian Budaya, Volume 05, Nomor 02, Oktober 2015
Permendikbud. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, D.B., Sukadi, Dw Gd. Firstia W, Dewa Ayu Puteri. H. (2021) Insersi Satua Bali dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Penanaman dan Penguatan Nilai Karakter di SDNegeri 1 Baktiseraga, dan SD Negeri 1 Banjar Tegal. Laporan Pengabdian. Singaraja.
Sanjaya, Dewa Bagus, Made Ardana, Ni Wayan Arini. 2018. Model Pembelajaran Karakter Berbasis Satua dalam Pembelajaran PKn untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar di Provinsi Bali. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.
Sukadi, Dewa Sanjaya, Wayan Kertih. 2011. Belajar dan Pembelajaran sebagai Yadnya. Buku Panduan Guru. Singaraja: Undiksha.
Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.
Widodo, Bambang. 2017. Biografi: Dari Swardi Suryaningrat Sampai Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Makalah Seminar. Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dari Politik ke Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)