PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE DAN MANAJEMEN KEUANGAN UMKM TAS ROTAN DAN BAMBU DI DESA DANGIN PURI DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Deswiniyanti Universitas Dhyana Pura
  • Dwipayani Lestari Dhyana Pura University
  • I Wayan Rosiana Universitas Dhyana Pura
  • I Gusti Ngurah Manik Nugraha Universitas Dhyana Pura
  • Emanuel Maramba Hamu Universitas Dhyana Pura
  • Ni Made Intan Prawita Dewi Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.57979

Keywords:

Kerajinan, anyaman, tas, bambu, rotan

Abstract

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki seni anyaman adalah Pulau Bali. Bali merupakan salah satu pusat destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan asing, terdapat  berbagai kerajinan, hiasan dan souvenir. Putu Sosiawan merupakan pemilik usaha UMKM tas rotan dan bambu yang telah berjalan selama 6 tahun. Permasalahan yang dihadapi dengan adanya covid-19 tamu asing di Bali mengalami penurunan, maka penjualan kerajinan bambu terutama tas mengalami penurunan secara drastis. Usaha kerajinan bambu ini sangat bergantung pada kunjungan adanya tamu asing di Bali, karena kurangnya melakukan promosi kerajinannya secara online dengan optimal dan pencatatan pembukuan masih secara manual. Solusi dari hasil diskusi dengan kelompok mitra dan tim PKM yaitu pertama  pembuatan website berbasis database yang mendata seluruh produk yang kan dipasarkan dan mempromosikan produk kerajinan dan media penjualan website, kedua yaitu kegiatan pendampingan pengelolaan website, Ketiga pendampingan cara pembukuan keuangan yang benar dan agar memiliki pencatatan keuangan.

 

 

References

Jauhari, Jaidan. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. 2 (1), 159- 168.

Kotler, Philip dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lina., R. 2018. Meningkatkan Kualitas Produk Sebagai Strategi Fundamental Dalam Bersaing. Scientific Journal Of Reflection Economic, Accounting, Management and Business. 1(1):91-100.

Li, H., dan Hong, J. 2013. Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda. iBusiness, 5(4), 161-166.

Larasati. G.R. 2015. Teknik Anyam dan Motif Dayak Ngaju pada Material Kulit untuk Produk Tas. Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain. 1(1):1-10.

Nihlatul Q. N. S.,W. Sulistiyowati, I. A. Said. 2017. Pelatihan Manajemen Keuangan Untuk Meningkatan Kemampuan Tenant Dalam Mengelola Keuangan Usahanya Pada Program Iptek Bagi Kewirausahaan Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Konferensi Nasional Pkm-CSR Ke-3. Surakarta, 19 – 21 Oktober 2017.

Setiyati T. dan A.A. Chalim. 2018. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Rotan Pada CV. Rattan Mandiri. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Untidar. 1(1):43-53.

Sulistianto S.W. 2017. Efektivitas Pemanfaatan Website Dalam Rangka Promosi Produk Dan Peningkatan Penjualan Studi Kasus Pt. Amonindo Utama. Jurnal Prosisko, 4(2): 44-54.

Yulianto A.R., dan W. Setiawan. 2021. Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Umkm “Kelompok Binaan Handayani Catering“ Ditengah Covid 19. Jurnal Surya Masyarakat. 4 (1):60-68.

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles