APLIKASI DIGITALISASI LAYANAN SURAT-MENYURAT UNTUK MENINGKATAN LAYANAN ADMINISTRASI KANTOR DESA

Authors

  • I Nyoman Gede Arya Astawa Politeknik Negeri Bali
  • Ida Bagus Putra Manuaba Politeknik Negeri Bali
  • I Made Ari Dwi Suta Atmaja Atmaja Politeknik Negeri Bali
  • I Putu Gde Sukarata Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.61871

Keywords:

aplikasi, efesiensi, sibetan, surat-menyurat

Abstract

Pelayanan surat-menyurat merupakan bagian dari kualitas kinerja pemerintah desa, dengan memberikan pelayanan surat-menyurat yang efektif dan efisien mampu meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap administrasi desa. Saat ini pengelolaan pengajuan pembuatan surat-menyurat khususnya surat keterangan di Kantor Desa Adat Sibetan masih dilakukan dengan cara konvensional, sehingga menyebabkan beberapa permasalahan yang muncul. antara lain: proses pengajuan yang memerlukan waktu relatif lama, pengecekan status surat yang tidak efektif, data penduduk yang tidak terdokumentasi dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut kegiatan pengabdian difokuskan pada pembuatan aplikasi digitalisasi surat-menyurat pada Kantor Desa Sibetan. Setelah aplikasi siap dan dihosting pada website maka dilakukan sosialisasi kepada warga Desa Sibetan. Evaluasi dari pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan dua cara, pertama adalah mengevaluasi website menggunakan aplikasi tool yaitu Pagespeed Insights dan evaluasi kedua adalah evaluasi kebermanfaatan dan output hasil surat-menyurat menggunakan kuisioner. Hasil evaluasi pertama menunjukkan nilai diagnosa kinerja bila dijalankan pada dekstop rata-rata sebesar 92,25 dan pada perangkat mobile/smartphone adalah rata sebesar 81,5. Evaluasi kedua menggunakan kuisioner yang diisi oleh peserta dalam sosialisasi menunjukkan bahwa aplikasi layanan surat-menyurat sangat bermanfaat dan bila diimplementasikan sangat mudah digunakan dan sangat efesien dalam mengurus surat-surat di Kantor Desa Sibetan.

References

Doewes, R. I., Manshuralhudlori, Adi, P. W., Gontara, S. Y., Hendarto, S., Agustiyanta, . . . Adirahma, A. S. (2023). Diseminasi Dartfish Software Sebagai Aplikasi Sports Biomechanics Analysis. Jurnal Widya Laksana, 12(1), 21-30.

Duwing, L., Burhanudin, & Budiman. (2018). Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Di Desa Deabeq Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. eJournal Ilmu Pemerintahan, 6(2), 959-972.

GoogleDevelopers. (2019). PageSpeed Insights

Pananrangi, A. (2019). Kinerja Pemerintah Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Siawung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Meraja Journal, 2(1), 69-82.

Pressman, R. S. (2002). Rekayasa perangkat lunak: pendekatan praktisi buku 2 edisi 2 (Vol. 2). Yogyakarta: Andi.

Setiawan, Y., Resmawan, E., & Kondorura, D. (2017). Persepsi Masyarakat Tentang Pelaksanaan Good Governance Di Kantor Camat Samarinda Seberang. eJournal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 15-28.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. United States of America: Addison-Wesley.

Wiyana, Saputera, S. A., Andilala, & Khairullah. (2020). Perancangan Aplikasi Pelayanan Surat Untuk Meningkatkan Kinerja Kantor Desa. JTIS: Journal of Technopreneurship and Information System, 3(3).

Yusmartini, E. S., Mardwita, & Aseptianova. (2022). Pendampingan Dan Pelatihan Web Pemasaran Berbasis On-Line Di SMA Negeri I Tanjung Raja. Jurnal Widya Laksana, 11(2), 336-343.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles