UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PRODUKTIF SMK DI BIDANG AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN TAHUN 2023 SE-BALI

Authors

  • Ni Nengah Lasmini Politeknik Negeri Bali
  • Wayan Eny Mariani Politeknik Negeri Bali
  • I Gusti Ayu Astri Pramitari Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Nita Sumiari Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.68910

Keywords:

kompetensi guru produktif, perpajakan, Akuntansi

Abstract

Kegiatan ekonomi nasional menjadi runtuh akibat pandemi, pemerintah dengan berbagai kebijakan berupaya memulihkan ekonomi, kebijakan-kebijakan yang ditetapkan pemerintah berdampak pada aspek perpajakan dan akuntansi. Hal ini memberi tantangan bagi guru produktif di SMK Jurusan Akuntansi untuk memperbarui materi mereka. Terutama, dalam mata pelajaran akuntansi dan perpajakan, yang merupakan bagian dari ilmu sosial dan harus selalu sesuai dengan tuntutan kurikulum yang mengikuti praktik terbaik industri. Diharapkan bahwa pembaruan materi pengajaran ini akan membantu meningkatkan kemampuan guru SMK dalam mendidik siswa mereka sesuai dengan perkembangan dunia industri. Berdasarkan hasil analisis situasi yang dilakukan dengan MGMP provinsi Bali terkait kebutuhan peningkatan Kompetensi mereka, maka akan diberikan pelatihan di bidang perpajakan, untuk semester genap pelatihan yang diberikan kepada guru-guru produktif SMK se Kabupaten Jembrana, Singaraja, Bangli, Klungkung dan Karangasem. Adapun kegiatan ini dapat menunjang pencapaian update IPTEK Perguruan tinggi di Masyarakat serta mendukung mahasiswa dan dosen berkegiatan di luar kampus dan publikasi ilmiah.

References

Azizah, D. N., Muslim, S., Achmad, R. N., Lukmantoro, D., Farida, U., Ciptono, A., & Joko, J. (2019). Development of Teaching Factory Model At Vocational High School (VHS) In Indonesia. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2 i1.115

Biettant, R., Bieattant, L., Sugondo, L. Y., Pujianthi, E., Andrian, P. D., & Charlie, C. (2020). Meningkatkan Kompetensi Perpajakan Bagi Guru-Guru Akuntansi SMK Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–151. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.737

Brotodiharjo, R. S. (2013). Pengantar Ilmu Hukum Pajak. Refika Aditama.

Dewiyanti, S., Julaytenth, M. A. M., Rohana, S., & Siregar, H. O. (2021). Link and Match: Sinkronisasi Pembelajaran Akuntansi Vokasi dengan Karir Akuntan Era Society 5.0. Jurnal Akuntansi Dan Audit Syariah, 2(2), 136–145.

DJP. (2020). Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Klaster Kemudahan Berusaha: Bidang Perpajakan (pp. 1–11). https://uu- ciptakerja.go.id/wp- content/uploads/2020/11/Klaster-Kemudahan-Berusaha-Bidang- Perpajakan.pdf

Habiba, P. G. S., Sujanto, B., & Kanah, N. (2020). Evaluation of Implementation of Teaching Factory Programs in State Vocational School, South Jakarta. International Journal Of Education And Research, 8(1), 157–164. http://www.ijern.com/journal/202 0/January-2020/13.pdf

Mardiasmo. (2018). PERPAJAKAN Edisi Terbaru 2018. Andi Yogyakarta.

Prianto, A., Winardi, & Qomariyah, U. N. (2021). The Effect of the Implementation of Teaching Factory and Its Learning Involvement toward Work Readiness of Vocational School Graduates. International Journal of Instruction, 14(1), 283–302. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14117A

Sudarma, M., & Darmayasa, I. N. (2021). Historisitas Filosofis Konsep Pemajakan Dividen Pada Undang-Undang Cipta Kerja. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(2), 312–328. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.2.18

Suranto, Rohmah, W., Nuryana, I., & Asmawan, M. C. (2021). Workshop Tata Kelola Teaching Factory (TEFA) dalam Meningkatkan Mutu Lulusan pada SMK Jurusan Akuntansi. J- ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 109–117.

Walukow, I. M., Lintong, J. S., Marentek, S. A., & Toweula, A. (2021). Desain Kurikulum Diploma II Operasionalisasi Perpajakan Sektor Privat & Publik Jalur Cepat. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi Vokasi-[SNAV], 9(1), 323–332.

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles