PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.69195Keywords:
guru, sekolah dasar, Canva, video pembelajaran, media pembelajaranAbstract
Variasi media pembelajaran berupa video pembelajaran dilaporkan efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Masalahnya, membuat video pembelajaran membutuhkan keahlian tersendiri yang belum dikuasai oleh guru-guru di Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang. Tujuan kegiatan ini ialah membantu guru-guru SDN yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Gugus 10 Kecamatan Cisauk agar dapat membuat video pembelajaran menggunakan Canva free untuk mendukung pembelajaran. Jumlah peserta sebanyak 23 guru dari sembilan SDN di Kecamatan Cisauk. Metode kegiatan berupa pelatihan, pendampingan, penugasan, monitoring dan evaluasi. Pelatihan diselenggarakan secara luring selama dua kali pertemuan, sedangkan pendampingan secara daring dalam dua kali pertemuan. Dari hasil pretest dan postest diketahui ada peningkatan pengetahuan guru terhadap teknik pembuatan video dan penggunaan Canva. Hasil evaluasi terhadap video yang dihasilkan guru menunjukkan bahwa guru sudah dapat membuat video secara kreatif dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalam Canva. Selain disampaikan dengan bahasa sederhana, video pembelajaran dilengkapi dengan soal dan latihan yang siap dibagikan kepada siswa.
References
Aliwardhana, H. (2021). Upaya peningkatan keterampilan guru dalam pembuatan video pembelajaran berbasis power point dan filmora. Al-Fikrah, 4(1), 22–43.
Arif Yudianto. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran. 234–237.
Gede, I., Darmawiguna, M., Santyadiputra, G. S., Made, I., Pradnyana, A., & Aditra Pradnyana, G. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Prezi dan Videoscribe Bagi Guru-Guru di SMK Negeri 1 Nusa Penida. Jurnal Widya Laksana, 8(1).
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi Canva. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295.
Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi Video dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105–112. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i10.508
Ketut, I., Arthana, R., Tirtayani, L. A., Eva, K., Adnyani, K., Nyoman, I., Jayanta, L., Pendidikan, J., Informatika, T., Anak, G., Dini, U., Jepang, B., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). Penerapan Sistem Garsupati dalam Bentuk Pengembangan Media Ajar Interaktif Bagi Guru SMA Negeri 1 Seririt dan SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal Widya Laksana, 8(1).
Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi. (2016). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.
Parwati, Ni. N., & Ariawan, I. P. W. (2015). IbM Media Pembelajaran Matematika di Kecamatan Penebel. Jurnal Widya Laksana, 4(2), 198–208.
Prehanto, A., Aprily, N. M., Merliana, A., & Nurhazanah, M. (2021). Indonesian Journal of Primary Education Video Pembelajaran Interaktif-Animatif sebagai Media Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 32–38.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213.
Suprianti, G. A. P. (2018). Pelatihan dan bimbingan teknis pembuatan media ajar inovatif berbasis internet bagi guru-guru Bahasa Inggris. Jurnal Widya Laksana, 7(1), 1–8.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. VOTEKNIKA Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Utami, D. W., Ananda, I. C., Zaliarisma, N. Y., Suprihatiningsih, R., & Ulya, C. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Canva untuk Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Cerpen di Sekolah Menengah Pertama. Lingua Franca, 1(2), 12–25.
Wibrata, D. G. F., Sanjaya, D. B., Sukardi, & Handayani, D. A. P. (2023). Penguatan pendidikan karakter melalui penerapan video animasi Satua Bali di SD Negeri 1 Baktiseraga, Singaraja. Jurnal Widya Laksana, 12(1), 125–133.
Wihyanti, R. (2022). Pelatihan pembuatan poster, e-book, dan video melalui platform Canva for education bagi guru sekolah dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UST Jogja, 305–321.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)