Sosialisasi dan Pelatihan Fisioterapi sebagai Upaya Mengurangi Keluhan Disminore pada Siswi Di SMA Negeri 1 Abiansemal
Keywords:
Siswi SMA, Sosialisasi, Pelatihan, Fisioterapi, DisminoreAbstract
Disminore primer merupakan kondisi yang kerap terjadi pada remaja putri.Disminore menjadi salah satu kondisi yang berdampak besar pada kualitas hidup terkait dengan kesehatan. Disminore yang dirasakan siswi membuat aktifitas tidak dapat dikerjakan secara normal, salah satunya siswi akan mengalami menurunan konsentrasi dan motivasi belajar oleh karena nyeri yang dialami. Permasalahan yang dialami mitra adalah kurangnya pemahaman tenang siklus menstruasi dan gejala mengatasi disminore. Tujuan dilaksanaakan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswi tentang siklus menstruasi serta cara mengatasi gejala disminore dan meningkatkan ketrampilan siswi dalam mengaplikasikan latihan untuk mengatasi gejala disminore. Metode pemecahan masalah yang dipakai untuk mengatasi permasalahan yang ada antara lain: meningkatkan pemahaman siswi tentang siklus mentruasi dan gejala yang muncul dengan mengadakan transfer ilmu melalui kegiatan sosialisasi, meningkatkan pemahaman siswi tentang management gejala menstruasi dengan transfer ilmu melalui kegiatan sosialisasi, meningkatkan ketrampilan siswi dalam melakukan latihan untuk mencegah dan mengurangi disminore primer dengan program pelatihan stretching abdominal dan core stabilitybagi siswi di SMA Negeri 1 Abiansemal. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini meliputi: peningkatan pemahaman siswi tentang siklus menstruasi dan cara mengatasi gejala disminore, peningkatan ketrampilan siswi dalam mengaplikasikan latihan stretching abdominal dan core stability untuk mengatasi gejala disminore.Kesimpulan dalam program pengabdian ini adalah: Terjadi peningkatan tingkat pengetahuan siswi SMA tentang siklus mesntruasi dan cara mengatasi gejala menstruasi serta siswi mampu mengaplikasikan latihan stretching abdominal dan core stability.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)