Kampanye Literasi Digital Dalam Mengatasi Digital Addiction Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Fitriana Dewi Nur Laila Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Malvin Nur Ilham Pratama Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Galang Putra Nusantara Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Abd. Mu’id Aris Shofa Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia https://orcid.org/0009-0008-3021-5076

Keywords:

Literasi, Digital Addiction, Sekolah Dasar

Abstract

Penggunaan perangkat digital yang tidak terkontrol pada anak-anak dapat menyebabkan perilaku kecanduan digital (digital addiction) yang berakibat pada permasalahan serius dari segi Kesehatan fisik, mental, dan psikologi. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa SDN Bumiayu 04 Kota Malang yang dibatasi untuk 50 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali dan memberikan pemahaman tentang dampak Digital addiction serta penggunaan perangkat digital secara sehat dan bijak untuk mengurangi tingkat Digital addiction pada anak usia sekolah dasar. Metode kegiatan ini adalah ceramah dengan pemaparan materi tentang dampak digital addiction dari segi kesehatan dan psikologi serta cara mengatasinya. Pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahap, diantaranya  tahap persiapan; tahap pelaksanaan; tahap evaluasi dan pelaporan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari piham mitra dan siswa sebaai peserta. Hasil kegiatan yang diperoleh menunjukkan bahwa program ini dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam menggunakan perangkat digital secara sehat dan bijak. Implikasi penelitian yaitu pengabdian ini membantu peningkatan pemahaman terkait penggunaan perangkat digital secara bijak dan sehat. Siswa telah memahami konsep kecanduan digital secara lebih mendalam diantaranya mereka mampu mebedakan bagaimana cara yang tepat dan salah dalam penggunaan perangkat digital.

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles