Kampanye Literasi Digital Dalam Mengatasi Digital Addiction Pada Anak Usia Sekolah Dasar
Keywords:
Literasi, Digital Addiction, Sekolah DasarAbstract
Penggunaan perangkat digital yang tidak terkontrol pada anak-anak dapat menyebabkan perilaku kecanduan digital (digital addiction) yang berakibat pada permasalahan serius dari segi Kesehatan fisik, mental, dan psikologi. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa SDN Bumiayu 04 Kota Malang yang dibatasi untuk 50 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali dan memberikan pemahaman tentang dampak Digital addiction serta penggunaan perangkat digital secara sehat dan bijak untuk mengurangi tingkat Digital addiction pada anak usia sekolah dasar. Metode kegiatan ini adalah ceramah dengan pemaparan materi tentang dampak digital addiction dari segi kesehatan dan psikologi serta cara mengatasinya. Pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahap, diantaranya tahap persiapan; tahap pelaksanaan; tahap evaluasi dan pelaporan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari piham mitra dan siswa sebaai peserta. Hasil kegiatan yang diperoleh menunjukkan bahwa program ini dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam menggunakan perangkat digital secara sehat dan bijak. Implikasi penelitian yaitu pengabdian ini membantu peningkatan pemahaman terkait penggunaan perangkat digital secara bijak dan sehat. Siswa telah memahami konsep kecanduan digital secara lebih mendalam diantaranya mereka mampu mebedakan bagaimana cara yang tepat dan salah dalam penggunaan perangkat digital.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)