Tingkat Pemahaman Guru PJOK SD di Kecamatan Banjar Buleleng Terhadap Pembelajaran Digital

Authors

  • Made Agus Dharmadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Eka Mertayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Modul Ajar Digital, Kurikulum merdeka belajar, Guru PJOK SD

Abstract

Terkait sumber/media/modul belajar yang dimiliki oleh Guru PJOK SD berupa sumber/media/modul teks yang masih manual belum berupa digital/online, hampir semua guru masih menggunakan modul manual atau menggunakan buku- buku teks belum online. Pengabdian ini bertujuan untuk mendukung kurikulum merdeka belajar pada jenjang SD yakni yang bercirikan mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi pengetahuan. Hal ini sangat relevan dengan pengabdian mengembangkan modul digital, sehingga secara langsung maupun tidak langsung siswa dapat belajar mandiri dengan modul digital yang lebih interaktif, mudah digunakan dan sangat mendukung pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pelatihan baik teori maupun praktek. Sasaran dalam penelitian ini adalah 45 Guru PJOK SD yang ada di Kecamatan Banjar yang dilaksanakan di Kantor UPP/KORWIL Kecamatan Banjar. Pelatihan dilaksanakan melalui tahapan pembukaan, penyampaian materi, praktek membuat modul digital dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dianalisis menggunakan statsitik deskriptif. Hasil pengabdian menunjukan bahwa Terjadi peningkatan secara positif skor rata-rata hasil pemahaman Guru PJOK SD Kecamatan Banjar sebesar 92,22 (pre-test) dan 96,0 (post-test), hal ini berarti bahwa pelatihan modul digital yang diselenggarakan dalam pengabdian kepada masyarakat mampu meningkatkan pemahaman guru tentang Pembelajaran menggunakan Modul Digital. Secara lebih khusus peningkatan terjadi pada butir tentang; 1) peran utama pembelajaran online dalam digitalisasi pendidikan, 2) tujuan pentingnya menguasi pembelajaran digital, dan 3) keuntungan menggunakan video dalam pembelajaran digital.Secara khusus juga diharapkan kegiatan serupa dapat dilaksankan berkelanjutan dengan topik-topik yang berbeda untuk meningkatkan kompetensi guru PJOK SD.

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles