Optimalisasi Potensi Anak Panti Asuhan Melalui Sekolah Keterampilan Khusus

Authors

  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Kertih Kertih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Edy Agus Juny Artha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Peningkatan Keterampilan, Peningkatan Income Generating, LKSA

Abstract

Ketergantungan panti asuhan pada bantuan masyarakat juga membuat mereka rentan terhadap fluktuasi ekonomi dan kondisi keuangan yang tidak stabil. Tujuan penelitian ini adalah mencari data terkait rentang peningkatan pemahaman dan kemampuan praktis dari peserta didik pada program Pengabdian kepada Masyarakat di Panti Asuhan Dana Punia Singaraja. Peserta didik dalam penelitian ini merupakan anak-anak panti asuhan yang merupakan mitra sasaran yang ada di Panti Asuhan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 25 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Eksperimen dilakukan pada satu kelompok diberikan tes awal (pre-test) pada awal pertemuan lalu diberikan tindakan dengan model project based learning dan diberikan tes akhir (post-test). Hasil penelitian yaitu efektivitas program ini dibuktikan melalui hasil analisis pre-test dan post-test. Data menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan penyelesaian masalah peserta didik setelah mengikuti pelatihan. Penggunaan model pembelajaran project based learning yang diterapkan dalam program ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan praktis peserta didik. Nilai rata-rata pre-test sebesar 70,2 meningkat menjadi 89,2 pada post-test, menunjukkan pengaruh positif dari strategi pembelajaran yang diterapkan terhadap kemampuan peserta didik.

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles