Pelatihan E-Learning Dan Pengembangan Konten Pembelajaran Digital di SMK Negeri 1 Kubu
Keywords:
Media Pembelajaran, E-Learning, Literasi Digital, Pelatihan GuruAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (P2M) ini dilatarbelakangi dari temuan di SMKN 1 Kubu yang belum memiliki fasilitas e-learning dalam pembelajaran. Keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran digital masih rendah sehingga pelaksanaan P2M ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran dan menggunakan e-learning sebagai bagian dari penerapan teknologi dalam proses pendidikan. Pelatihan difokuskan pada penguasaan aplikasi e-learning dan media digital yang mendukung pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil evaluasi, para guru menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mereka menggunakan teknologi serta merasa lebih percaya diri untuk mengaplikasikannya di kelas. Materi yang disampaikan dinilai relevan dengan kebutuhan guru, dan dukungan dari pihak sekolah memperkuat implementasi hasil pelatihan. Para peserta juga aktif terlibat dalam diskusi dan kolaborasi, serta merasakan manfaat yang besar, terutama dalam meningkatkan literasi digital dan keterampilan praktis. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil memberikan dampak positif terhadap kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)