IPTEK BAGI MASYARAKAT (IbM) IKAN MUJAIR KINTAMANI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v5i1.9093

Abstract

Tujuan utama program iptek bagi masyarakat (IbM)  ini adalah: (1) untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan anggota kelompok nelayan ikan kramba dalam mengemas produk ikan kramba, (2) untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan anggota kelompok nelayan ikan kramba dalam mengolah ikan kramba pasca panen, (3) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan kelompok nelayan ikan kramba di Desa Abang Batu Dinding Kecamatan Kintamani.  Sampai saat ini, pelatihan ini sudah dilaksanakan selama 2 bulan dilapangan atau (70%) dari keseluruhan pelatihan. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang wanita dari desa Abang Batu Dinding Kintamani. Hasil yang dicapai selama ini (1) Tingkat partisipasi yang tinggi dari mitra program pengabdian kepada masyarakat memberikan dampak positif bagi pelaksanaan program, terlihat dari kehadiran peserta yang tanpa ijin, dan dukungan dari kepala desa. (2) Hasil pelatihan menunjukkan bahwa dari 30 orang yang ikut pelatihan 25 orang (83,33%) masuk dalam kategori sangat mengetahui dan terampil dalam pengolahan produk ikan kramba pasca panen, 2 orang (2,66) termasuk dalam kategori kategori mengetahui dan terampil dalam pengolahan produk ikan kramba pasca panen, dan 5 orang (16,66)  termasuk dalam kategori cukup mengetahui dan terampil dalam pengolahan produk ikan kramba pasca panen. (3) Hasil pelatihan menunjukkan bahwa dari 30 orang yang ikut pelatihan 20 orang (66,67%) masuk dalam kategori sangat mengetahui dan terampil dalam mengembangkan IPTEK packing dan pengolahan pasca panen, 5 (16,66) orang termasuk dalam kategori kategori mengetahui dan terampil dalam mengembangkan IPTEK packing dan pengolahan pasca panen, dan 5 orang (16,66)  termasuk dalam kategori cukup mengetahui dan terampil dalam mengembangkan IPTEK packing dan pengolahan pasca panen. Dan (4) Kendala pelaksanaan program adalah sulitnya meminid waktu untuk pencapaian kesepakatan pelaksanaan kegiatan, karena umumnya peserta latihan terbentur dengan rutinitas pekerjaan harian yang menunjang perekonomian keluarga, maupun pelaksanaan kegiatan ritual adat-istiadat yang lumayan padat di Desa Abang Batu Dinding Kintamani dalam kaitannya dengan paruman desa adat untuk penyelenggaraan ritual ada dan keagamaan.

 

Author Biography

I Wayan Widiana, Universitas Pendidikan Ganesha

Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. was born in Banjar Sari Tunas Tianyar village, Kubu district, Karangasem regency, Bali Province, on July 5th, 1985. He was received Doctor in Educational Evaluation and Research from Jakarta State University. He worked as Lecturer of Statistics, Methodology of Educational Research and Evaluation in Department of Primary Teacher Education at Ganesha University of Education

References

DAFTAR PUSTAKA

Dasman, Raymon. 1980. Prinsip Ekologi Untuk Pembangunan, Terjemahan Idjah Soemarwoto. Jakarta: Gramedia.

Gerungan. 1988. Psikologi Sosial. Bandung: Unesco.

Karama dan Abdurrachman. 1995. Kebijakan Nasional dalam Penanganan Lahan Kritis di Indonesia. Yogyakarta: BPTP Prosiding Seminar Rekayasa Teknologi Konservasi.

Kurana. 2008. Sukses Mengembangkan Wirausaha. Jakarta: Grsindo.

Kurniasih Dian. 2006. Pengaruh Daya Dukung Lahan dan Faktor Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Petani dalam Konservasi Lahan Pertanian di Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta: Program Studi Ekonomi Pertanian, Jurusan Ilmu-Ilmu Pertanian, UGM.

Muhadjir, N. 1993. Kepemimpinan Adopsi Inovasi untuk Pengembangan Masyarakat. Yogyakarta: Rake Press.

Negara Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Lembaran Negara Nomor 33, TLN RI Nomor 3817.

Pemerintah Kabupaten Karangasem. Data Statistik Desa Tianyar Tahun 2011. Karangasem: Tianyar.

Suhardjo. 1988. Peranan Kelembagaan dalam Hubungannya dengan Komersialisasi Usahatani dan Distribusi Pendapatan Wilayah Kabupaten Banjar Negara Jawa Tengah. Disertasi (tidak dipublikasikan). Yogyakarta: UGM.

Soemarwoto, Otto. 2001. Ekologi, Lingkungan Hidup, dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Downloads

Published

2017-01-31

Issue

Section

Articles