MEDIA ANTI BULLYING : PEMBIMBINGAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA SINGARAJA

Authors

  • dewi arum widiyanthi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v5i1.9101

Abstract

Abstrak

Meningkatnya kejadian bullying terhadap anak usia dini menuntut upaya preventif maupun kuratif yang melibatkan pihak-pihak terkait, di antaranya adalah sekolah Taman Kanak-kanak. Upaya yang efektif dapat dilakukan dengan dukungan media sebagai perantara pesan yang ingin disampaikan pada anak usia dini. Permasalahan di lapangan merujuk pada kondisi kurangnya pemahaman guru TK tentang bullying dan pentingnya media bimbingan konseling bermuatan anti bullying untuk anak usia dini. Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan P2M ini adalah meningkatkan pemahaman dan meningkatkan kemampuan guru TK di Kota Singaraja dalam membuat media bimbingan konseling bermuatan anti bullying untuk anak usia dini.

Khalayak sasaran yang dilibatkan dalam kegiatan P2M ini adalah para guru TK di Kota Singaraja, yang berasal dari beberapa gugus. Kegiatan P2M ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, dan workshop, sehingga dapat menghasilkan produk berupa media bimbingan konseling untuk menyampaikan pesan anti bullying bagi anak usia dini.

Hasil kegiatan P2M menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru TK tentang perilaku bullying dan peran media BK sebagai sarana menyampaikan pesan yang menaik bagi anak usia dini dan juga pengetahuan tentang pembuatan media untuk menyampaikan pesan anti bullying pada anak usia dini. Pemahaman dan pengetahuan yang semakin bertambah dituangkan dalam pembuatan media. Hasil penilaian dari ahli media BK menunjukkan bahwa secara kuantitatif media yang dihasilkan oleh semua kelompok guru TK berada dalam kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci: pelatihan, media bimbingan konseling, anti bullying, anak usia dini.

References

DAFTAR PUSTAKA

Priyatna, Andi. 2010. Lets End Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Nursalim, M. 2010. Media Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Wiyani, N.A. 2012. Save Our Children From School Bullying, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Downloads

Published

2017-01-31

Issue

Section

Articles