PENDIDIKAN PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR GUGUS III KEAMATAN KUBU DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Authors

  • I Made Ardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v4i1.9834

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep guru-guru SD Gugus III Kecamatan Kubu tentang pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific dan 2) Meningkatkan kemampuan guru-guru SD Gugus III Kecamatan Kubu untuk membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific. Program ini diinspirasi oleh rencana implementasi Kuikulum 2013 di SD Gugus III Kecamatan Kubu namun di sisi lain pihak sekolah khususnya para guru merasa belum siap untuk melaksanakannya. Permasalahan utama yang dihadapi GUgus III Kecamatan Kubu saat ini adalah kurangnya pemahaman dn kemampuan guru-guru SD Gugus III Kecamatan KUbu dalam membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific. Progra pengabdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2014 di SD N 4 Tianyar dalm bentuk pendidikan dan pelatihan yang terdiri dar sesi pemaparan materi, diskusi, pengembangan perangkat pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific dan pelatihan peer teaching. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah terjadi peningkatan pemahaman dan kemampuan guru-guru SD di Gugus III Kecamatan Kubu dalam membuat perencanaan dan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan scientific.

Downloads

Published

2017-03-03

Issue

Section

Articles