PELATIHAN PENINGKATAN DAYA EKSPOR IMPOR BAGI MAHASISWA ASING DI TIONGKOK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.69636Keywords:
bisnis, ekspor, impor, mahasiswa, tiongkokAbstract
Tiongkok menjadi salah satu negara tujuan pendidikan dunia karena memiliki jajaran perguruan tinggi top kelas dunia. Selain mahasiswa Indonesia, terdapat mahasiswa asing di Tiongkok yang berasal dari negara lain seperti Kamboja, Malaysia, Sudan, dan Indonesia. Tidak jarang kondisi keterbatasan ekonomi dihadapi oleh para mahasiswa. Sehingga muncul permasalahan dimana banyak dari para mahasiswa membuka peluang usaha namun tidak diimbangi dengan strategi dan komunikasi bisnis yang memadai. Berikutnya, bisnis yang sudah dibuat terkadang belum menjangkau pasar internasional yang lebih luas terutama di bidang ekspor impor. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan pengembangan bisnis lanjutan berupa pelatihan ekspor impor bagi mahasiswa asing di Tiongkok. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara luring dan daring berupa presentasi, diskusi, studi kasus, evaluasi, pre-test dan post-test. Hasil dari kegiatan ini didapat pengetahuan peserta terkait dengan eskpor impor dan dokumen yang perlu dipersiapkan meningkat.
References
Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43-43.
Bo, X. (2017). China, Indonesia agree to step up Belt and Road cooperation. Xinhua.
Fadillah, D., & Jandevi, U. (2020). Communication Model of Indonesian Student Organizations in China through the Indonesian Movement Helps. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 142. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3465
Fadillah, D., & Kumajaya. (2017). Lompatan Strategis China Dalam Komunikasi Global. Samudra Biru.
Faqih. (2019). PP Muhammadiyah Melantik PCIM Tiongkok di Beijing. Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2019/12/11/pp-muhammadiyah-melantik-pcim-tiongkok-di-beijing/
Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk
umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.
Luke Nolan. (2014). Five Reasons Why You Should Study Abroad In China. G-Meo. http://www.gmeochina.com/five-reasons-why-you-should-study-abroad-in-china/
Saptanti, I. R. (2017). Ni Hao, Nanning. PT Inspirator Juara Indonesia.
Suara Muhammadiyah. (2020). PCIM dan Amanat Internasionalisasi Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah. https://muhammadiyah.or.id/pcim-dan-amanat-internasionalisasi-muhammadiyah/
Sugiyanto, A. N., & Abidin, Z. (2019). PENGURUSAN DOKUMEN IMPORT
TEKSTIL OLEH PT DINAMIKA EXPRESSINDO CABANG SEMARANG. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 2(2), 65-74.
Pratama, J., & Juliantio, J. (2022). DESIGN AND VIDEO DOCUMENTARY
ANALYSIS OF COCONUT DERIVATE EXPORT PRODUCTS USING MDLC METHOD. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen), 10(3), 227 - 238. https://doi.org/10.47024/js.v10i3.496
Wahyuddin. (2019). Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia Melalui Program The Belt and Road Initiative. In Fadlan Muzakki (Ed.), Indonesia dalam The Belt and Road Initiative (pp. 71–84). PPI Tiongkok
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)