PELATIHAN DAN BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN MEDIA AJAR INOVATIF BERBASIS INTERNET BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v7i1.11640

Abstrak

Pengetahuan dan keterampilan yang kurang pada guru-guru Bahasa Inggris tingkat SD dalam membuat media ajar inovatif, menyebabkan pembelajaran di kelas kurang optimal, sebagai contohnya di sekolah dasar Sukasada. Selama ini proses pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar Sukasada tersebut hanya menggunakan media ajar berupa buku dan penggunaan internet untuk membuat media ajar inovatif belum dimaksimalkan oleh guru. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu adanya kegiatan pelatihan dan pembinaan teknis terkait pembuatan media ajar inovatif berbasis internet. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan yakni metode diskusi, pelatihan dan bimbingan teknis. Dua website pembuatan media ajar inovatif berbasis internet, yaitu cartoon story maker dan quizlet diperkenalkan dalam kegiatan ini. Di akhir kegiatan, para peserta mengutarakan pandangan tentang perlunya diadakan pelatihan serupa. Para peserta juga memerlukan pelatihan tentang pembuatan media ajar baik berbasis internet ataupun tanpa internet, sehingga lebih banyak lagi contoh-contoh media ajar yang bisa digunakan dalam pembelajaran.

Referensi

Asnawir & Basyiruddin, U. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Djamarah & Aswan, Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kemp J. E.. (1980). Planning and Producing Audio Visual Materials. New York: Harper and Row Publishers

Oemar, M. (1994). Media Pembelajaran yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Scott W. A. & Ytreberg L. H. (1990). Teaching English to Children. London: Longman Group UK Ltd

http://cartoon-story-maker.joydownload.com

http://quizlet.com

Diterbitkan

2018-01-31

Terbitan

Bagian

Articles