PENDAMPINGAN DAN PENGAYAAN MATERI PELAJARAN IPS-SEJARAH BAGI PESERTA DIDIK SD DAN SMP DI KOTA SALATIGA MELALUI METODE EKSKURSI

Penulis

  • Wahyu Purwiyastuti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana
  • Galuh Ambar Sasi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.62445

Kata Kunci:

pendampingan IPS, sejarah, ekskursi, historiografi

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan pendampingan dan pengayaan materi pelajaran IPS-Sejarah kepada peserta didik SD dan SMP di Kota Salatiga. Tim pengabdian memberikan stimulus membangun ketrampilan berpikir sejarah dan menghadirkan layanan “Bengkel Sejarah” sebagai ruang lokakarya kesejarahan. Di bengkel tersebut, peserta didik maupun guru IPS dapat melakukan maintenance proses pembelajarannya. Metode pendampingan dipraktikkan melalui beberapa tahap. Pertama,  membangun motivasi peserta didik, dilanjutkan Focus Group Discusion (FGD) bersama guru IPS, berlatih problem solving, dan webinar “Kebangsaan Indonesia”, melakukan kunjungan ekskursi kesejarahan, serta memproduksi historiografi. Kegiatan berlangsung baik dan mendapat umpan balik berupa rekomendasi untuk melanjutkan pendampingan periode berikutnya. Hasil PkM adalah munculnya pemahaman bahwa pelajaran sejarah yang terintegrasi dengan IPS tidak dipelajari dengan cara menghafal. Metode ekskursi dinilai relevan dan bermanfaat untuk membantu mengimajinasikan fakta sejarah sehingga peserta didik mampu menulis historiografi secara logis kritis.

Biografi Penulis

Firosalia Kristin, Universitas Kristen Satya Wacana

Pendidikan Guru Sekolah Dasa

Galuh Ambar Sasi, Universitas Kristen Satya Wacana

Pendidikan Sejarah

Referensi

Herlina Kasih Intan Permata. (2022). Wawancara Guru IPS.

McCullagh, C. B. (2000). Bias in Historical Description, Interpretation, and Explanation. History and Theory, 39(1), 39–66.

Memahami Filosofi Merdeka Belajar. (2020). https://gtkdikmendiksus.kemdikbud.go.id/memahami-filosofi-merdeka-belajar/

Menggo, S., Par, L., Gunas, T., & Guna, S. (2021). Pendampingan Penyusunan Soal Berorientasi Hots Bagi Para Guru Sma. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 14. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.25010

MGPM IPS Salatiga Menjadikan PGSP Alternatif Pembelajaran. (2018). Parangtritis Geomaritime Geopark. https://pgsp.big.go.id/mgpm-ips-salatiga-menjadikan-pgsp-alternatif-pembelajaran/

Nugroho Notosusanto. (1978). Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer (suatu pengalaman). Yayasan Idayu.

Ratna Dhianawati. (2022). Wawancara guru IPS.

Suwasono. (2022). Wawancara Kepala Sekolah.

Syaiful Bahri Djamarah. (2015). Psikologi Belajar. Rieneka Cipta.

Wahyu Purwiyastuti. (2022). Konsep exkursi, kandas tak berbekas? Media Komunikasi FPIPS, 21(2).

Wahyu Purwiyastuti. (2023a). Ekskursi Sejarah. Youtube Channel. https://www.youtube.com/watch?v=s8dW6L-ES78&t=74s

Wahyu Purwiyastuti. (2023b). Produksi Narasi Nasionalisme Indonesia dalam Historiografi Orde Baru [Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/223716

Yulia Tri Samiha. (n.d.). Multidisipliner dalam Pembelajaran Sejarah. https://media.neliti.com/media/publications/285319-multidisipliner-dalam-pembelajaran-ips-1ac6aa31.pdf

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles